SOLOPOS.COM - Ilustrasi memerah susu sapi. (JIBI/Bisnis/Rachman)

Harianjogja.com, SLEMAN- Usaha produksi susu sapi perah di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan adanya bantuan untuk bisa memperoleh izin usaha.

“Sebenarnya usaha susu sapi ini memiliki prospek yang baik, terutama untuk pemulihan ekonomi pascaerupsi 2010,” kata bendahara kelompok produsen susu ‘Sumber Rejeki’ Dusun Plosorejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Sukiyem (43), Minggu (29/6/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, produksi susu sapi perah menjadi salah satu sektor unggulan masyarakat lereng Merapi, meskipun usaha ini masih berskala rumah tangga, namun respons pasar terhadap produk yang dihasilkan kelompok ini, cukup baik.

“Per hari rata-rata pesanan bisa mencapai 65 hingga 80 liter susu murni. Pemasaran tidak hanya ke rumah warga, tapi juga merambah ke sekolah, kedai susu, dan minimarket. Tapi, kami menghadapi kendala di lapangan, khususnya masalah izin,” katanya.

Ia mengatakan selama ini pihaknya telah berupaya mengurus perizinan ke instansi terkait. Namun upaya tersebut terkendala biaya.

“Selain itu, belum adanya rumah produksi juga menjadi salah satu persyaratan mengurus izin. Selama ini proses produksi masih dilakukan di rumah warga dengan proses yang sederhana,” katanya.

Sukiyem mengatakan pihaknya berharap ada bantuan dari pemerintah.

“Kalau sudah ada izin, pemasaran bisa lebih luas. Pasar kami sampai sekarang juga masih terbatas wilayah Sleman dan Kota Yogyakarta saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya