Ada Tetangga Isolasi Mandiri Karena Covid-19? Ketua DPRD Solo: Jangan Dikucilkan!
Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, disuntik vaksin Sinovac di RSUD Bung Karno Solo, Kamis (14/1/2021) siang. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, meminta masyarakat jangan mengucilkan tetangga mereka yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Warga dimbau tidak panik bila ada kerabat atau tetangga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Selama prosedur penanganan dijalankan dengan disiplin, dipastikan tidak akan terjadi penularan virus tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Budi Prasetyo, kepada Solopos.com melalui telepon Whatsapp (WA), Selasa (26/1/2021). Menurut Budi, ketika orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mempunyai gejala memang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Merasa Sehat-Sehat Saja, 2 Anggota DPRD Solo Ini Heran Positif Covid-19

Sedangkan bagi warga Solo positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) bisa isolasi di Asrama Haji Donohudan atau isolasi mandiri di rumah.

“Di Donohudan untuk pasien yang rumahnya tak bisa untuk isolasi mandiri, seperti padat penduduk atau MCK nya jadi satu dengan warga lain. Tapi bila ada OTG yang rumahnya layak untuk isolasi mandiri ya bisa isolasi sendiri di rumah,” ujar Budi.

Politikus PDIP tersebut menekankan pentingnya kepedulian sosial terhadap warga yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Seperti dengan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga memberikan motivasi atau dukungan semangat.

Baca Juga: Waduh, 2 Anggota DPRD Solo Dari Fraksi PDIP Positif Covid-19

Pemerintah pun termasuk di Solo sudah mengaktifkan Satgas Jaga Tangga untuk mendukung pemenuhan kebutuhan warga yang isolasi mandiri di rumah karena Covid-19. “Jangan takut berlebihan. Seharusnya memberikan dukungan, jangan malah dijauhi atau dikucilkan,” imbuhnya.

Partisipasi Aktif Masyarakat

Budi menjelaskan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam penanganan pandemi Covid-19 karena keterbatasan sumber daya dan tenaga. Dalam kondisi itu butuh partisipasi aktif masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan mereka.

Termasuk bagaimana program prorotokol kesehatan (prokes) bisa berjalan dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Penuturan senada disampaikan anggota DPRD Solo dari Nusukan, Hartanti, yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Pengendara Motor Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang Di Ring Road Selatan Sragen

Ia mengaku sangat terbantu dengan dukungan dari rekan-rekan dan koleganya. Sebab banyak dari mereka yang memberikan motivasi, semangat, serta mengirim aneka vitamin. “Terima kasih sekali dari semua teman-teman saya,” ungkapnya.

Politikus PDIP itu juga mengingatkan masyarakat agar tidak mengucilkan warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. Selama kondisi rumahnya layak untuk isolasi mandiri, justru warga sekitar harus memberikan berbagai dukungan.

“Bila dipastikan bisa melakukan isolasi mandiri atau tidak terjadi penularan kepada orang lain, ya seharusnya didukung. Seperti aku, rumahku kan tertutup, kamar mandiku juga di dalam rumah. Jangan kucilkan warga yang isolasi mandiri,” serunya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom