Ada Tempat Pesugihan di Gunung Wijil Karangdowo Klaten, Benarkah?

Gunung Wijil merupakan wisata religi yang berada di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Klaten.

 Ilustrasi pesugihan. (Antaranews)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesugihan. (Antaranews)

Solopos.com, KLATEN — Gunung Wijil merupakan wisata religi yang berada di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Klaten. Saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Kupang sedang fokus menggarap kompleks Gunung Wijil menjadi objek wisata yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan desa dan masyarakatnya.

Kepala Desa (Kades) Kupang, Kecamatan Karangdowo, Sutari, mengatakan desanya termasuk desa miskin di Klaten. Salah satu upaya yang dilakukan pemdes guna mengentaskan kemiskinan, yakni mengembangan potensi wisata Gunung Wijil di Desa Kupang.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Ke depan, kami akan terus mengembangkan potensi wisata di desa kami. Harapannya, kesejahteraan warga juga meningkat di sana,” katanya, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela acara penyerahan SK Desa Wisata di Pemancingan Tirto Mili, Kecamatan Wedi, Klaten, Selasa (25/1/2022).

Sutari mengatakan di Desa Kupang terdapat kurang lebih 2.956 penduduk. Ribuan penduduk itu tersebar di 12 dukuh atau 21 RT/8 RW. Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani dan buruh harian lepas.

“Kami ini termasuk desa miskin,” katanya.

Baca Juga: Giliran Soropaten, Mranggen, & Manjungan Klaten Dapat SK Desa Wisata

Sutari mengaku sudah menyiapkan strategi guna meningkatkan kesejahteraan warganya di waktu mendatang. Hal itu dimulai dengan mengembangkan desa wisata.

“Kami sudah mulai mengembangan wisata di Gunung Wijil. Ke depan, kami akan mengembangkan kolam renang dan lainnya. Memang, desa yang tak punya pendapatan [tak didukung potensi alam baik] harus kreatif,” katanya.

Kawasan Gunung Wijil selama ini dikenal sebagai tempat religi. Selama ini, Gunung Wijil juga dikenal sebagai tempat ngalap berkah karena di lokasi ini konon sebagai gudangnya tempat pesugihan. Hal itu termasuk buto ijo.

Di Gunung Wijil juga terdapat tempat peristirahatan kerabat Keraton Surakarta, Astonohargo Mulyo Gunung Wijil. Di lokasi tersebut tersebut merupakan makam Syeh Joko selaku murid dari Joko Tingkir.

Baca Juga: Tradisi Syawalan di Bukit Sidoguro Klaten Ditiadakan, Tiga Lebaran Ini?

Selain itu, terdapat pula Makam Ki Ageng Lokojoyo ataupun makam Raden Ayu Yudorono, yaitu makam Nyai Sedah Merah yang tak memiliki suami semasa hidupnya.

Di Gunung Wijil juga terdapat tanaman Widoro yang berkhasiat sebagai obat sakit perut dan masuk angin.

Biasanya, kunjungan paling ramai ke kompleks Gunung Wijil berlangsung saat malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Tak jarang, para pengunjung ingin ngalap berkah, seperti ingin kaya, ingin memperoleh jabatan yang lebih tinggi, ingin dagangannya laris, dan sebagainya.

Konon, jika hajatnya terkabul, bakal ditemui sosok hewan berbentuk anjing merah. Hewan tersebut merupakan piaraan dari penghuni/penguasa di Gunung Wijil.

Baca Juga: Ini Deretan Wisata Religi di Klaten yang Sudah Dikenal Masyarakat Luas

Terdapat pantangan bagi pengunjung yang datang ke Gunung Wijil. Seorang perempuan yang datang bulan dilarang berkunjung. Di samping itu, pengunjung tak diperkenankan mengenakan perhiasan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      7.000-an Unit Rumah Subsidi akan Dibangun di Boyolali, Wilayah Mana?

      Di Boyolali akan dibangun lebih dari 7.000 rumah bersubsidi. Rumah tersebut akan tersebar di sejumlah kecamatan.

      The Alien Buka Konser Dream Theater Buka Konser di Stadion Manahan Solo

      Dream Theater membuka konser di area parkir Stadion Manahan Solo pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB dengan lagu berjudul The Alien.

      Ini Kisah Unik Joko Tingkir dan Perahu Peninggalannya di Sragen

      Makam Joko Tingkir menjadi salah satu tempat di Sragen yang banyak dikunjungi peziarah. Peninggalannya yang berupa bongkahan kayu bekas perahunya pun masih menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

      5 Desa Ini akan Dilintasi Pipa Transmisi Bendungan Pidekso Wonogiri

      Proyek pembangunan intake dan pipa transmisi air baku Bendungan Pidekso Wonogiri sudah dalam tahap pengerjaan fisik.

      Kreatif! Warga Ampel Boyolali Bikin Tulisan Penyemangat di Pagar

      Saat memasang umbul-umbul sudah sangat mainstream, warga RT 01/RW 07, Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali punya cara lain untuk menghiasi lingkungan mereka di momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini.

      Hasil Tangkapan Ikan di WGM Wonogiri Terus Menurun, Nelayan: Tak Lazim!

      Hingga pekan kedua Agustus 2022, ikan hasil tangkapan nelayan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri masih minim.

      Lomba Lari Sangirun 2022 Bakal Beda dan Lebih Menarik, Catat Jadwalnya

      Kemendikbudristek menjanjikan ada yang beda pada lomba lari Sangirun 2022 ini. Selain itu jumlah pesertanya ditambah lebih dari dua kali lipat.

      Mentan Datang Lagi ke Gondangrejo Karanganyar

      Mentan Syahrul Yasin Limpo kembali mendatangi Desa Sejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar untuk mengecek persiapan acara penanaman kelapa gajah besok Kamis (11/8/2022). Rencananya acara itu dihadiri Presiden Jokowi meski belum bisa dipastikan.

      Viaduk Gilingan Solo Diperbaiki, Warga Curhat Pusingnya Cari Jalan

      Rencana perbaikan viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Banjarsari, Solo, yang berdampak pada penutupan jalan membuat warga pusing mencari jalan alternatif.

      Ambrol Maret 2022, Jembatan Kadirejo Klaten Mulai Diperbaiki

      Jembatan Kadirejo, Kecamatan Karanganom, Klaten akhirnya mulai dibangun. Pembangunan ditargetkan rampung pada Desember 2022.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo Solo Rp400 Miliar, Apa Saja yang Kena?

      Anggaran pembebasan lahan untuk penataan kawasan dan underpass di Simpang Joglo, Solo, disiapkan senilai Rp400 miliar.

      Naga Baruklinting, Seni Rupa, dan Pelestarian Lingkungan

      Seni dan budaya—lebih khusus lagi pameran seni rupa—bisa diberdayakan untuk menggugah kembali kesadaran menjaga lingkungan demi kesinambungan kehidupan.

      2 Website Resmi Pemkab Boyolali Diretas, Ada Gambar Wanitanya

      Sejumlah situs atau website resmi Pemkab Boyolali diretas oleh pihak tak dikenal.

      Penonton Masuk Gate Konser Dream Theater di Solo, Begini Keramaiannya

      Para penonton antre dengan rapi memasuki area konser Dream Theater saat open gate di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022).

      Waspada, Sudah 7 Kasus Kebakaran Terjadi di Sragen dalam 10 Hari

      Warga Sragen diimbau waspada bahaya kebakaran yang potensi nya cenderung meningkat saat kemarau tiba.