Karakter kartun pada pementasan wayang kulit di Hotel Horison Gresik, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (18/1/2020) malam. (Suara.com)

Solopos.com, GRESIK — Ada yang unik pada pementasan wayang kulit di Hotel Horison Gresik, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (18/1/2020) malam. Sejumlah karakter kartun seperti Spongebob, Dora The Explorer, hingga Doraemon ikut nampang.

Dalang Ki Puguh Prasetyo yang mementaskan karakter itu mengaku bertujuan untuk menyita perhatian anak-anak yang menonton. “Figur kartun itu hanya sebagai variasi saja, supaya anak-anak tak jenuh,” ucapnya seperti dikutip Suara.com, Minggu (19/1/2020).

Ia menjelaskan karakter kartun itu sebagai bintang tamu dalam lakon Pandawa Lima yang ia penaskan. Durasi pentas wayang itu juga tak lama, yakni hanya sekitar 90 menit.

Ki Puguh menegaskan sisipan wayang kartun di sela pertunjukan memang bertujuan menarik minat anak-anak pada wayang. “Pandawa memberi inspirasi pada kita agar tidak menjadi pribadi yang mudah putus asa. Berani bersikap tegas pada kebenaran serta selalu berbuat kebaikan dengan landasan ikhlas,” ujarnya.

Pagelaran wayang kulit itu didukung penabuh gamelan asal Sanggar Traju Wening, yang anggotanya berusia remaja. Selain itu, juga disuguhkan penampilan sinden Retno Ayu Mayangsari.

Ketua penyelenggara, Andik S artono berharap generasi muda lebih mencintai kebudayaan dan tradisi seni. Salah satunya pada wayang kulit. “Ini warisan luhur nenek moyang kita,” katanya.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten