SOLOPOS.COM - Lokasi praktik Juru Supit Bogem. (Google)

Solopos.com, SLEMAN — Juru Supit Bogem yang berlokasi di Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, ternyata masih eksis hingga sekarang.

Tempat untuk menyunat atau mengkhitan ini sudah ada sejak 1939 yang didirikan oleh Raden Ngabegi Noto Pandoyo pada zaman Sultan Hamengkubuwono VIII.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Baca Juga: Banyak Dikoleksi Artis, Berapa Harga Spirit Doll alias Boneka Arwah?

Bukan hanya sekarang, dari dulu tempat mengkhitan ini sudah eksis dari dahulu.

Hal ini dibuktikan dengan Juru Supit Bogem yang menjadi langganan sunat para pangeran, putra dari Sultan Keraton Yogyakarta hingga Keluarga Cendana. Sebagaimana diungkap oleh pengelola akun Instagram @jogjaimages.

Baca Juga:  Siapa Pangeran Samudro, Sosok yang Dimakamkan di Gunung Kemukus Sragen?

Berbeda dengan tempat khitan lainnya, ciri khas dari tempat sunat yang berlokasi tak jauh dari Candi Prambanan ini adalah hasilnya yang menyerupai jengger ayam.

“Ciri khas yang akan didapatkan jika melakukan proses khitanan di Bogem akan membentuk lipatan kulit kelamin yang menyerupai jengger ayam (ben bentuke apik),” ujar pengelola akun Instagram @jogjaimages.

Baca Juga:  Apa Itu Sego Gablok, Kuliner yang Ada di Pasar Tawangmangu?

Proses mengkhitan di Juru Supit Bogem pun tidak dipotong. Menurut informasi dari pengelola akun Instagram @dutajog pada unggahannya 20 Desember 2021, khitan di sini hanya digunting lalu dilipat. “Mereka menggunakan sistem ‘digunting lalu dilipat’, tidak dipotong ya. Nah metode ini menjadi kekhasan kreasi bentuk dari Juru Supit Bogem sampai sekarang,” jelasnya.

Berdasarkan video yang diunggah @dutajog, tempat khitan ini buka dari pukul 07.00-09.00 WIB. Untuk sore hari dari pukul 16.00-17.00 WIB.

Baca Juga:  Ini Dia Masjid Tertua di Solo, Dulunya Ternyata Pura

Pengin Sunat di Juru Supit Bogem, Disarankan Reservasi Dulu

Saking eksisnya tempat khitan ini, banyak netizen yang menyarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke sini.

Sebagaimana diungkap netizen dalam ulasannya di Google Review. Mereka mengatakan dengan melakukan reservasi terlebih dahulu, akan lebih cepat ditangani.

Baca Juga:  Kemunculan Kabut Hitam, Cikal Bakal Nama Gunung Kemukus Sragen

“Mudah ditemukan karena dekat dengan jalan raya. Pintu masuknya lebar dan parkiran luas. Ruang tunggu luas dan tempatnya juga nyaman sejuk. Saran sebelum datang lebih baik booking dulu biar langsung ditangani. Untuk biaya ya sesuai dengan pelayanan serta profesional kerja. Kuran lebih mohon maaf. Rekomended pokoknya,” ujar salah satu netizen.

Selain itu, ada pula yang berkomentar pelayanan di Juru Supit Bogem sangat ramah.

Baca Juga:  Sejarah Klaten yang Ceritanya Punya Beragam Versi

“Pelayanannya ramah sekali. Selain ramah mereka juga bersih dan rapi. Bagi yang mau supit belum makan juga akan disediakan makanan oleh klinik. Disuguhi minuman teh juga. Diiringi suara lantunan musik langgem Jawa,” tambah netizen lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya