SOLOPOS.COM - Wisata bahari PPN Pekalongan. (Istimewa/visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, PEKALONGANPekalongan merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan pesisir pantai utara. Tak heran jika di Kota Batik ini Anda akan menjumpai destinasi wisata pantai yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai di pesisir utara Jawa lainnya.

Selain pantai, ada wisata bahari yang umumnya lebih berkonsep wisata edukasi dan dikemas dengan cara menyenangkan. Wisata Bahari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) juga bisa menjadi alternatif lain untuk dijadikan destinasi wisata yang ramah anak sekaligus menjadi langkah awal untuk mengenalkan alam bawah laut.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Wisata bahari ini berada di kawasan wilayah pelabuhan perikanan. Salah satu fungsi pelabuhan perikanan guna memantau wilayah pesisir dan wisata bahari.

Ekspedisi Mudik 2024

Melansir dari tourism.pekalongankota.go.id, Wisata Bahari Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan telah diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fredy Numbery pada 16 Juli 2006. Lokasinya berada di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Jaraknya kurang lebih 4 kilometer dari pusat kota Pekalongan dan posisinya juga cukup strategis. Terlebih lagi, Kota Pekalongan dikenal sebagai simbol perdagangan dan kota transit menjadikan Kota Batik ini sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Pekalongan.

Saat masuk gerbang pengunjung akan disambut dengan pepohonan yang rimbun sehingga suasananya lebih sejuk untuk berkeliling. Wahana pertama yang akan dijumpai ada area bermain anak dengan deretan warung di belakangnya.

Selanjutnya masuk area outbound dan kolam renang. Disebelahnya berdampingan dengan gedung sea world mini.

Di sea world mini inilah pengunjung akan dikenalkan ikan-ikan cantik dan hewan-hewan unik yang berhabitat di wilayah laut seluruh dunia. Salah satunya ada ikan oscar yang berasal dari Sungai Amazon di Amerika Selatan.

Tak hanya itu, di dekat sea world mini dan menjorok ke laut terdapat gardu pandang untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di area Wisata Bahari PPN Pekalongan. Akan nampak juga gazebo di sepanjang bibir pantai di sebelah barat yang diteduhi pepohonan hingga sampai di mercusuar.

Di sisi sebelah kanan juga ada mercusuar kecil. Di mana di sekitar area itu bisa digunakan sebagai tempat memancing ikan gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya