SOLOPOS.COM - Pemandangan di Pulau Padar, salah satu objek wisata unggulan di Labuan Bajo, selain Taman Nasional Komodo. (Bisnis-M. Taufikul Basari)

Solopos.com, NTT — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo mengimbau wisatawan dan nakhoda kapal wisata mewaspadai gelombang tinggi dan angin kencang ketika hendak berwisata ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Rabu (4/5/2022).

“Waspadai gelombang tinggi di perairan selat Sape bagian selatan termasuk perairan selatan Manggarai Barat pada [Rabu] 4 Mei 2022,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo, Sti Nenotek, di Labuan Bajo, seperti dilansir Antara, Selasa (3/5/2022).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Peringatan waspada gelombang tinggi tersebut didasarkan pada prakiraan BMKG yang mencatat kecepatan angin berkisar 12-40 km/jam.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan ketinggian gelombang berkisar 0,75 hingga 2,0 meter pada esok hari, Rabu, dengan angin bertiup dari timur.

Imbauan agar waspada gelombang tinggi di perairan bagian selatan Manggarai Barat ini khusus bagi wisatawan yang akan berkunjung ke sekitar selatan Komodo, bagian selatan Rinca, selatan Padar, dan Selat Padar.

Baca Juga : Mau Lihat Komodo Kawin? Ini Waktu Terbaik Liburan di Labuan Bajo

Selanjutnya, Sti mengatakan informasi cuaca di semua tempat wisata dalam wilayah Manggarai Barat terpantau cerah berawan pada pagi hari dan berawan di siang hari.

Namun, lanjutnya, ada potensi hujan ringan terjadi pada siang hari di lokasi wisata Air Terjun Cunca Rami, Air Terjun Cunca Wulang, dan Danau Sano Nggoang.

Sti meminta pengunjung berhati-hati dalam beraktivitas selama liburan Lebaran 2022. Dia mengajak wisatawan terus memantau informasi cuaca resmi yang dikeluarkan BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya