SOLOPOS.COM - Dekorasi yang sempat dikira pohon Natal di Masjid Gedhe, Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja, DIY. (Twitter-@GKRHayu)

Solopos.com, JOGJA — Kabar adanya pohon Natal di Masjid Gedhe, Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebar di media sosial.

Atas hal itu, pihak keraton memberikan penjelasan. Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu, melalui akun Twitternya, GKRHayu, Jumat (27/12/2019), menjelaskan pohon pada foto yang beredar bukan pohon untuk perayaan Natal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pohon tersebut selalu dipasang di Masjid Gedhe setiap peringatan Isra Mikraj. "Salah satu fungsi online presence @kratonjogja adalah mencegah kekosongan informasi diisi oleh misinformasi, apa lagi disinformasi. Itu pohon2 tiap tahun dibuat dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj yes," tulisnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari laman Kratonjogja.id, Minggu (29/12/2019), Keraton Jogja mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak dalam rangka memperingati Isra Mikraj. Yasa berarti membuat atau mengadakan, eksi adalah burung, burak adalah Buraq makhluk yang diyakini menjadi kendaraan nabi saat melakukan Isra Mikraj.

Hajad Dalem itu diawali dengan membuat Peksi Burak, pohon buah dan empat pohon bunga. Peksi Burak dibuat menggunakan buah dan kulit jeruk bali. Kulit tersebut dibentuk dan diukir menyerupai badan, leher, kepala, dan sayap burung.

Baca Juga: Kisah Misteri Air Sumur Berasap, Katanya Bisa Obati Penyakit

Dari penjelasan GKR Hayu dan penjelasan di laman resmi Keraton Jogja itu dapat disimpulkan bahwa pohon yang ada di Masjid Gedhe bukan merupakan pohon Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya