SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes masuk UMS. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk kali pertama menyelenggarakan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara online dari rumah masing-masing calon mahasiswa, Sabtu (10/6/2023).

Pada tes online ini, Tim PMB UMS membatasi hanya 300 peserta yang dapat mengikuti tes. Namun, menurut Ketua PMB Dr., Triyono, M.Si., jumlah calon mahasiswa yang ikut serta dalam tes sebanyak 361, tersebar di seluruh Indonesia.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Triyono juga menyampaikan pelayanan yang diberikan oleh UMS ini dapat memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk menjadi bagian dari UMS.

“Jadi ini memberikan kemudahan dari layanan tanpa mengabaikan kualitas calon mahasiswa,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com.

Teknis pelaksanaan tes mewajibkan para peserta tes untuk mengisi pakta integritas, sehingga jika peserta keluar, maka akan di “down” dari admin dan tidak dapat melanjutkan tes. Soal berjumlah 50 pertanyaan dan dikerjakan selama 60 menit.

Selain peserta tesebar di seluruh Indonesia, terdapat salah satu calon mahasiswa UMS yang memanfaatkan kemudahan dari layanan UMS ini, yakni Karina Lutfia, peserta tes asal Kalimantan Timur, yang kini menetap di Qatar. Dia mengakses soal tes dari Qatar.

“Lumayan sulit soalnya pakai bahasa Indonesia, sulit dimengerti tadi,” kata Karina yang sejak SMA berada di luar negeri.

Karina yang memilih program internasional Teknik Informatika dan Manajemen mengaku kesulitan dalam memahami soal berbahasa Indonesia. Sebelumnya, Karina menempuh pendidikan SMA di Qatar.

Dengan melihat antusias para pendaftar, Triyono menyampaikan ada kemungkinan untuk dilakukan tes online batch 2.

“Kalau dilihat dari animonya, nampaknya akan ada batch 2. Tentunya dalam batch 2 itu nanti akan kami lakukan penyempurnaan pada sistem ini, untuk lebih memudahkan bagi calon mahasiswa, kaitannya dengan layanan-layanan masuk UMS itu mudah,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya