SOLOPOS.COM - Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo membaca Alquran saat mengikuti program Pesantren Kilat Ramadan 2021 di Aula Rutan Kelas I Solo, Senin (19/4/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Rumah Tahanan atau Rutan Solo memulai program pesantren kilat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama Ramadan. Hal itu bertujuan pembinaan kepada warga binaan turut meningkatkan akhlak islami bagi warga binaan muslim.

Salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Wahyudi, saat dijumpai wartawan di sela-sela pesantren, Senin (19/4/2021) mengatakan baru sebulan terakhir ia mempelajari Iqra. Namun, berkat tekadnya dalam sebulan ia mampu membaca Alquran secara fasih.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Baca Juga: 2 Cewek Nyopir dan Ngernet, Ini Cerita Lengkap Aksi Belasan Remaja Mandi Bareng di Bak Truk di Sragen

Ia mengaku meskipun seluruh tubuh hingga wajahnya dipenuhi tato, ia bertekad untuk bertaubat. Ia bertekad menyelesaikan program One Day One Juz dalam Ramadan ini. “Baru Ramadan kali ini saya membaca Alquran. Sangat bermakna sekali, saya sudah memantapkan diri. Semoga bisa qatam bulan ini,” papar dia.

Ia menceritakan terjerat kasus penyalahgunaan narkotika. Warga Laweyan itu ditangkap Polda Jateng beberapa bulan lalu. Saat ini ia masih menjalani proses sidang.

Baca Juga: Tepok Jidat! Maling di Boyolali Nyolong Scoopy Tapi Motor Sendiri Ditinggal di Lokasi Kejadian

Kepala Rutan Solo, Urip Dharma Yoga, mengatakan selama Ramadan, Rutan Solo melaksanakan program-program ibadah dalam pesantren kilat. Menurutnya, hal itu dapat membuat warga binaan memperdalam ilmu agama. Ia meyakini hal itu dapat meningkatkan imam dan akhlak para warga binaan. Para warga binaan juga mengikuti program tarawih berjamaah dan tadarus.

“Kami memilih 100 warga binaan yang dinilai mampu menjalankan program pesantren kilat dengan serius. Kami membagi dalam dua sesi,” papar Urip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya