Kategori: Solo

Ada Makmum Gaib di Masjid Agung Solo, Gimana Ceritanya?


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Menjadi salah satu bangunan bersejarah di Kota Solo, Jawa Tengah, Masjid Agung Surakarta ternyata menyimpan kisah mistis nan melegenda.

Dibangun oleh Paku Buwono III pada 1763 silam, Masjid Agung yang berlokasi di samping Alun-Alun Utara ini konon katanya dihuni oleh jin yang kerap membantu pengunjung masjid ini.

Jelang Hari Ibu, Yuk Cari Tahu Dulu Sejarah Lengkapnya

Berbagai kejadian mistis kerap terjadi di Masjid Agung Solo, sebagaimana diungkap oleh pengelola akun Instagram @misterisolo.

"Karena sarat dengan sejarah dan umur yang sangat tua, tentunya masjid ini juga tidak luput dari kejadian mistis yang banyak berkembang di masyarakat. Bukan rahasia umum jika pengunjung masjid ini bukanlah dari bangsa manusia saja," ungkap dia.

Doa Terhindar Virus Corona dari Gus Mus, Dibaca Setelah Salat

Beberapa kejadian mistis tersebut di antaranya, jin yang mengikuti pengunjung mengaji hingga yang paling fenomenal adalah ikut salat berjemaah. Hal inilah yang kerap muncul istilah makmum gaib di Masjid Agung Solo.

"Salah satunya yaitu jin penunggu muslim yang kadang mengikuti beberapa orang yang mengaji di masjid ini. Ada juga beberapa cerita tentang makmum gaib, dimana sang makmum yang mengikuti sholat tiba-tiba menghilang setelah salam diucapkan," tambah dia.

Maharaja Rakai Kayuwangi, Raja Mataram Kuno yang Bangun Desa Tertua Indonesia di Klaten

Bisikan Baik

Pada zaman dahulu, jin penunggu Masjid Agung Solo ini kerap membisiki masyarakat yang datang untuk melakukan tirakat atau pun iktikaf di area masjid.

Jin tersebut konon memberikan bisikan baik, seperti yang diungkap pengelola akun Instagram @misterisolo ini.

Kerap Jadi Lokasi Kecelakaan, Akun IG Ini Sebut Ada Buto Hitam Hingga Kuntilanak di Underpass Makamhaji

"Banyak dari mereka merasa mengalami 'bantuan' dari beberapa hal gaib dari masjid ini. Dari bisikan untuk meminta maaf kepada orang tua, mimpi bertemu orang tua berbaju putih dan disarankan untuk membuka usaha, atau bahkan mimpi terjadi hari kiamat sehingga mengakibatkan beberapa orang memutuskan untuk bertobat," jelas dia.

Apartemen Murah di Solo Satu Ini Punya Segudang Fasilitas, Intip Yuk!

Penis Pria Indonesia Ternyata Terpanjang di Asia Tenggara, Baru Tahu?

Kisah Misteri Lainnya

 

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata