SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPPK. Penyerahan SK PPPK di Gedung Kartini Sragen, Kamis (11/2/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) membuka lowongan untuk 9.495 guru madrasah di 30 provinsi pada 2021. Ribuan calon pegawai itu bakal masuk dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Jawa Tengah termasuk tiga besar provinsi dengan jumlah formasi terbanyak dibandingkan 30 provinsi tersebut. Di atas Jawa Tengah ada Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Jenderal Kemenag, Nizar Ali, mengatakan pada tahun ini pihaknya mengalokasikan formasi sebanyak 9.495 untuk guru madrasah pada seleksi PPPK.

Baca juga: Pencinta Touring Wajib Tahu! Boks Motor bisa Dibikin Custom, Harganya Aman Buat Dompet

Menurutnya, kuota formasi ini tersebar di 30 provinsi. Seleksi PPPK bagi guru madrasah tersebut diperkirakan akan dimulai pada Agustus 2021. Ada hal khusus yang harus dipenuhi calon pendaftar sehingga bisa masuk seleksi ini.

“Formasi ini diperuntukkan bagi eks-Tenaga Honorer K-II yang tidak dapat mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2019,” jelas, Nizar di Jakarta, Jumat (26/3/2021) seperti dikutip Bisnis.com dari keterangan resmi Kemenag.

Plt. Kepala Biro Kepegawaian, Ali Rohmad, memerinci kuota formasu guru madrasah jalur PPPK terbanyak ada di Sulawesi Selatan yakni dengan 2.918 formasi.

Baca juga: Duh! Mudik 2021 Dilarang, Padahal sudah Ada yang Pesan Hotel di Solo untuk Lebaran

Formasi di Jawa Tengah

Selanjutnya, disusul Jawa Timur sebanyak 1.238 formasi dan Jawa Tengah sebanyak 863 formasi. Sementara itu, tiga provinsi dengan kuota lowongan guru madrasah paling sedikit adalah Maluku Utara dengan satu formasi dan Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur dengan masing-masing 3 formasi.

“Ada empat provinsi yang tidak memiliki kuota PPPK 2021, yaitu Provinsi Kalimantan Utara, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat,” jelas Ali.

Lantas mana saja provinsi dengan jumlah formasi guru madrasah jalur PPPK terbanyak pada 2021? Berikut ini lima provinsi dengan kuota terbanyak:

Baca juga: SUV Tesla Model Y Hadir di Indonesia Akhir Tahun 2021, Siapkan Rp1,65 Miliar

1. Sulawesi Selatan sebanyak 2.918 guru.

2. Jawa Timur sebanyak 1.238 guru.

3. Jawa Tengah sebanyak 863 guru madrasah jalur seleksi PPPK.

4. Nangroe Aceh Darussalam dengan sebanyak 802 guru.

5. Jawa Barat sebanyak 613 guru madrasah.

Baca juga: Dukung Piala Dunia U-20, Kementerian PUPR Renovasi Stadion Manahan dan 4 Lapangan di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya