Ada Korelasi antara Peningkatan Jumlah Tilang dan Turunnya Kecelakaan
Ilustrasi polisi memberikan tilang kepada pelanggar peraturan lalu lintas (JIBI/Solopos/Dok.)

Tren penurunan juga mulai terlihat pada angka kecelakaan lalu lintas tahun 2017

Solopos.com, KULONPROGO-Polres Kulonprogo meyakini adanya korelasi antara peningkatan jumlah sanksi tilang dan turunnya angka kecelakaan.

Kapolres Kulonprogo AKBP Irfan Rifai menjelaskan, pasalnya saat menggelar operasi, petugas juga menggencarkan sosialisasi dan pembinaan mengenai keselamatan berlalu lintas kepada pada pengendara. Mereka tidak hanya ditilang agar jera, tetapi juga diberikan pemahaman bahwa kecelakaan sebenarnya bisa dihindari dengan tidak melakukan pelanggaran.

“Adanya kejadian kecelakaan lalu lintas bukan semata musibah tapi bisa dicegah. Kami akan terus memaksimalkan penindakan sehingga menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Irfan, Senin (20/11/2017).

Irfan menambahkan, dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban lalu lintas. Koordinasi antar instansi terkait harus terus dilakukan agar upaya pencegahan tindakan pelanggaran maupun penekanan angka kecelakaan lalu lintas menjadi lebih efektif.

Sementara itu, tren penurunan juga mulai terlihat pada angka kecelakaan lalu lintas tahun 2017. Sebanyak 361 kasus terjadi hingga Oktober kemarin, masih jauh dari jumlah kecelakaan sepanjang 2016 yang tercatat 500 kasus. Namun, jumlah korban meninggal dipastikan lebih banyak karena diketahui sudah 55 orang, sedangkan tahun sebelumnya 51 orang.

Baca juga : Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo Nihil

Sekadar diketahui selama Operasi Zebra Progo 2017 tidak terjadi kasus kecelakaan lalu lintas. Namun, ada tujuh kasus kecelakaan lalu lintas diketahui terjadi saat Operasi Zebra Progo 2016. Sebanyak tiga orang korban dilaporkan meninggal dunia dan 16 lainnya mengalami luka ringan.

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto mengatakan, kampanye keselamatan berlalu lintas terus dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Petugas juga menambah jumlah spanduk peringatan di sejumlah titik rawan pada Operasi Zebra Progo 2017 kemarin.

“Kami memasang spanduk-spanduk bertuliskan imbauan bagi pengendara. Misalnya bertuliskan sepanjang jalan ini anda harus berhati-hati atau sepanjang jalan ini akan selamat bila tertib berlalu lintas dan sebagainya,” ungkap dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho