Tutup Iklan

Ada Klub Sepak Bola Liga 1 Papan Atas Mau IPO Hlo, Siapa Ya?

PT Satu Global Investama (SGI) tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 ternama di Indonesia untuk dapat melantai di bursa saham.

 Ilustrasi Sepakbola (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sepakbola (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, JAKARTA — PT Satu Global Investama (SGI) tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 ternama di Indonesia untuk dapat melantai di bursa saham Indonesia pada kuartal IV/2021.

Perusahaan financial advisor dan investment, yang membiayai Pre-IPO financing sampai listing ini menegaskan IPO tersebut merupakan realisasi dari rencana perusahaan dalam mendukung kemajuan industri sepak bola di Indonesia.

Calvin Lutvi, CEO dan Co-Founder Satu Global Investama mengungkapkan perusahaan sangat mendukung kemajuan industri sepak bola di Indonesia dengan membantu klub dapat melantai di bursa saham Indonesia.

“Klub sepak bola ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia dan memiliki prestasi serta supporter yang banyak. Untuk rencana Initial Public Offering (IPO) klub akan melepas saham sebesar 25-30 persen saham ke publik, di mana nilai valuasi klub mencapai Rp1,2 triliun,” paparnya, Jumat (15/10/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Persis Solo Buka Lowongan Kerja, Netizen: Lowongan Pelatih Enek Ora?

SGI meyakini publik akan menyambut baik rencana klub melantai di bursa saham, terlebih kompetisi Liga 1 telah dimulai sejak Agustus 2021 dan masyarakat sangat antusias serta sudah dapat menikmati pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh Nielsen pada bulan September tahun 2020, olahraga sepak bola menempati urutan kedua sebagai olahraga terpopuler di Indonesia, yaitu sebanyak 68 persen masyarakat Indonesia menggemari sepak bola.

Di peringkat pertama ditempati oleh bulu tangkis sebesar 71 persen. Hal ini diimbangi dengan data yang dikeluarkan oleh Global Football Digital Benchmark 2020, di mana terdapat enam klub sepak bola Liga 1 Indonesia yang memiliki pengikut terbanyak di sosial media.

“Dengan antusiasme yang tinggi serta penggemar dengan jumlah sangat banyak, tentunya peningkatan kualitas sepak bola di Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Klub sepak bola Liga 1 yang akan kami bawa IPO ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas klub agar dapat terus bersaing di puncak klasemen Liga Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Liga 1 Digelar di Stadion Manahan Solo, PSIS vs Persik Jadi Pembuka

Banyak Keuntungan

Adapun penggunaan dana dari hasil IPO akan digunakan untuk kebutuhan utama klub, yaitu renovasi stadion dan training centre, membeli pemain-pemain terbaik yang memiliki potensi besar, membangun mes pemain, serta membuka outlet-outlet merchandise di beberapa kota.

Melansir Bursa Efek Indonesia, klub sepak bola yang menjadi public listed company akan memiliki banyak keuntungan yang, di antaranya; Mendapatkan pendanaan dari publik, mendapatkan insentif penurunan tarif pajak PPh Badan sebesar 3 persen, jika porsi kepemilikan publik lebih dari 40 persen.

Selanjutnya akan meningkatkan exposure dari Media, Analis, Investor, dan pihak-pihak lainnya. Selain itu akan meningkatkan profitabilitas/efisiensi, serta memperkuat tata kelola perusahaan.

Baca Juga: Utang Tersembunyi Indonesia dari China Rp488 T? Ini Tanggapan Kemenkeu

“Sebelumnya pada 2019, Bali United merupakan klub sepak bola Liga 1 pertama yang berhasil mencatatkan namanya di bursa saham Indonesia dan kita bisa lihat sendiri bagaimana perkembangan positif yang ditunjukan oleh klub,” urainya.

Untuk itu, klub yang akan dibawa melantai ini akan menjadi klub kedua di Indonesia yang dapat melantai di bursa saham Indonesia. Satu Global Investama meyakini banyak manfaat yang akan didapat tidak hanya oleh klub itu sendiri, tetapi para fans sepak bola turut senang diberi kesempatan sebagai pemilik klub dengan membeli saham klub yang dicintainya.

“Sehingga ikatan antara klub dengan fans akan semakin erat, tentunya hal ini akan mendorong klub dapat memberikan penampilan yang maksimal dan dapat membersembahkan prestasi-prestasi yang telah dinanti oleh para fans. Satu Global Investama turut bangga dapat mendukung kemajuan industri sepak bola melalui pasar modal Indonesia,” kata Calvin.


Berita Terkait

Berita Terkini

Industri Game Online di Indonesia Makin Berkembang, Ini Hlo Buktinya!

Percaya enggak kamu kalau industri game khususnya online berkembang begitu pesat di Indonesia selama 10 tahun terakhir?

Jadi Buruan, Satu Batang Tanaman Senthe Variegata Dihargai Rp32 Juta

Ketua I Komunitas Pecinta Tanaman Hias Puspo Arum Sragen, Wariyanto mengakui pula tanaman senthe variegata sedang ngetren sejak 3-4 bulan terakhir.

Dorong Electric Lifestyle, PLN Salurkan 60 Kompor Induksi di Mataram

PLN Terus mendorong realisasi elektric lifestyle di kalangan rumah tangga melalui penyaluran bantuan kompor Induksi di kampung PLN, kota Mataram.

Premium Store Kenangan Heritage, Kenalkan Konsep Baru Menikmati Kopi

Kopi Kenangan terus berkembang dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan alternatif makanan dan minuman berkualitas.

PT Angkasa Pura I Minta Keringanan Pajak kepada Pemkab Kulonprogo

PT Angkasa Pura I (Persero) meminta agar Pemkab Kulonprogo memberikan keringanan terkait dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Tiga Dekade Yakult Membersamai dan Memberi Arti

Penjualan Yakult saat ini mencapai tujuh juta per hari. Jumlah itu terus meningkat di masa pandemi.

Ini Dampak Kebijakan Satu Peta bagi Investasi di Tanah Air

Data informasi geospasial yang akurat dapat dimanfaatkan dalam pembangunan, salah satunya dalam mendukung kepastian investasi.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

LPS Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik pada 2022, Ini Indikatornya

Berbagai paket kebijakan yang dikeluarkan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, OJK, dan LPS telah menunjukkan hasil positif.

Kabar Gembira! Wings Air Buka Penerbangan ke Bali dari Adi Soemarmo

Penerbangan rute baru yang dibuka adalah dari Denpasar – Solo – Denpasar yang dilayani oleh Maskapai Wings Air mulai 26 November 2021.

Gulirkan Program Satu Juta Kompor Induksi, PLN Siapkan Diskon Khusus

PT PLN siap mengawal program pengalihan kompor berbasis energi import (LPG) ke kompor berbasis energi domestik (kompor listrik) atau yang lebih dikenal kompor induksi.

Buntut Temuan Toilet SPBU Berbayar, Ini Perintah Erick Thohir ke BUMN

Menteri Erick meminta pengawasan dan pemeliharaan dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin fasilitas umum nyaman dan gratis bagi masyarakat.

Masih Ada Waktu, Pelaku Parekraf Ayo Buruan Daftar BPUP Rp1,8 juta

Pelaku parekraf yang bisa mendaftar BPUP ada 6 jenis usaha yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya.

Presidensi G20 Indonesia Siap Akselerasi Transisi Ekonomi Rendah Karbon

Salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni mendukung setiap negara termasuk negara berkembang untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim

Penerbangan Internasional ke Bali Tambah 7 Rute, Aturan Karantina Ketat

Penambahan penerbangan ke Pulau Dewata ini terkait pembukaan pariwisata Bali bagi turis asing yang sudah dibuka sejak 14 Oktober 2021.