Ada Klinik Unik di Boyolali, Warga Bisa Berobat Bayar Pakai Sampah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI—Menemukan solusi atas permasalahan sampah di lingkungan masyarakat kini dilakukan oleh sejumlah lembaga nirlaba. Salah satunya Yayasan Arsada, Sambi, Boyolali.

Yayasan yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat dan kesehatan ini bakal memulai program Klinik Sampah awal Maret nanti.

Klinik Sampah Arsada Medika merupakan gerakan tukar sampah dengan layanan kesehatan. Warga yang menjadi anggota klinik sampah ini akan mendapatkan layanan-layanan kesehatan berupa konsultasi medis, pemeriksaan kesehatan, panduan kesehatan keluarga, dan pelayanan ambulans ke rumah sakit jika mengalami kondisi darurat.

“Syaratnya cukup mendaftar dengan mengisi formulir, mengumpulkan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP),” ungkap Sekretaris Yayasan Arsada, Ichsanudin, kepada Solopos.com, Selasa (26/2/2019).

Klinik Sampah Arsada Medika akan resmi dibuka pada Senin (4/3/2019) pekan depan. Praktik dokter umum dapat dimanfaatkan oleh anggota mulai Senin hingga Jumat pada pukul 16.00 WIB.

Sementara pada hari Sabtu pada waktu yang sama ada pelayanan kebidanan dan pengobatan dengan sistem bekam. Seluruh pelayanan itu dibuka di kantor yayasan di Jalan Bangak-Simo km 6,5 Sambi, Boyolali.

Lebih lanjut, Ichsan mengungkapkan yayasan tak membatasi jumlah pengumpulan sampah. Petugas khusus akan mengambil sampah-sampah tersebut ke rumah warga tiap dua pekan sekali.

Hanya saja dia menekankan sampah yang bisa dikumpulkan merupakan sampah yang bisa didaur ulang. Sampah ini diklasifikasikan dalam tujuh jenis, yaitu kertas baik berupa koran bekas, kardus, maupun sak semen; kaleng bekas makanan dan minuman; besi; baja; tembaga; alumunium; serta plastik yang meliputi botol air mineral dan barang-barang rumah tangga berbahan dasar plastik.

Kaum Perempuan

Awalnya program Klinik Sampah bakal diprioritaskan bagi warga Sambi. “Namun karena antusiasme warga yang membludak kemarin ada warga dari luar Sambi yang tertarik sehingga jangkauan kami perluas,” imbuh dia.

Saat ini Klinik Sampah belum memiliki anggota resmi, namun hingga Selasa sudah ada 40-an formulir yang diambil warga. Pendaftaran anggota ini pun akan dibuka secara berkelanjutan tanpa batas waktu.

Klinik Sampah tidak menentukan berat minimal sampah yang wajib disetorkan para anggota untuk mendapatkan layanan kesehatan. “Rencana awal memang sepuluh kilogram, tapi karena kami rasa memberatkan jadi tidak kami batasi,” kata dia. Warga bebas mendapatkan layanan kesehatan bentuk apapun selama masih aktif menyetorkan sampah.

Sebelum memulai gerakan ini Ichsan bersama tim telah melakukan sosialisasi ke beberapa kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kelompok perempuan di wilayah Sambi. “Sasaran kami kaum perempuan karena mereka adalah orang yang lebih berperan dalam pengaturan kebutuhan rumah tangga,” tutur dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Petugas DLHK dan Polisi Klaten Cek Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, Hasilnya?

Petugas dari DLHK dan Polres Klaten mengambil sampel air di saluran irigasi yang sebelumnya dikabarkan berubah warna menjadi merah.

Pemkab Sukoharjo Bantu Biaya Pendidikan Anak Pasutri Tinggal di Kolong Meja Wedangan Kartasura

Pemkab Sukoharjo akan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak dari pasangan suami istri Cahyo Yulianto, 50 dan Wiwin Haryati, 48.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.