Ada Kampung Bali di Wonogiri, Kecak & Leak Segera Hadir
Wisata Kitagawa Pesona Bali, Patoman RT 002/RW 004, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri, Jumat (24/1/2020). (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, SOLO — Eko Sri Wibowo berulang kali memfoto saudara dan keluarganya yang berpose di dekat ornamen bernuansa Bali di Wisata Kitagawa Pesona Bali, Patoman RT 002/RW 004, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri, Jumat (24/1/2020).

Setelah itu, lelaki paruh baya dari Giritontro, Wonogiri tersebut memotret berbagai objek yang kental dengan suasana Bali.

Sejak tiba di tempat wisata seluas lebih kurang 3.500 meter persegi itu, nuansa Bali memang sudah sangat terasa.

Sebelum memasuki area wisata, pengunjung disambut juru parkir (jukir) yang berdandan khas Bali. Mereka mengenakan udeng dan jarit corak Bali.

Penuh Duka, Ini Deretan Foto Penghormatan untuk Kobe Bryant

Saat akan masuk, dua gapura berarsitektur Bali menyapa. Berada di bibir gapura, mata akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai ornamen.

Ada patung, umbul-umbul, gasebo, dan karyawan tempat wisata yang seluruhnya mengenakan pakaian Bali.

Sempat Dipindah, Arca Ganesha Dikembalikan ke Dukuh Majenang Sragen Gegara Kejadian Mistis

Nama mereka pun ditambah dengan nama Bali, seperti I Wayan, Made, Gde, dan lainnya sesuai urutan kelahiran mereka.

Di sekitar gasebo dan ornamen-ornamen terdapat petak-petak sawah kecil yang ditanami padi.

Patut Dicoba! Tips Agar Tak Mendengkur saat Tidur

Wisata Kitagawa Pesona Bali, Patoman RT 002/RW 004, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri, Jumat (24/1/2020). (Solopos-Rudi Hartono)
Wisata Kitagawa Pesona Bali, Patoman RT 002/RW 004, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri, Jumat (24/1/2020). (Solopos-Rudi Hartono)

8 Wanita Penjual Kopi Plus Seks di Ponorogo Diciduk

Sejumlah sayuran, seperti bawang merah, juga ditanam di area itu.

Suara instrumen seruling, rindik/gerantang, dan alat musik tradisional Bali lainnya yang diperdengarkan melalui pengeras suara seolah menyeret pengunjung ke alam Bali.

Waspada! Ilmuwan Sebut Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata

Di bagian tengah terdapat dataran beton berbentuk persegi panjang yang dikelilingi patung-patung. Di salah satu sisi dekat lokasi itu terdapat warung berkonsep kafe.

Banyak pengunjung berteduh di gasebo sambil menikmati pemandangan yang sangat jarang ditemukan di Kota Sukses.

Driver Ojol Cantik Ini Melawan saat Dipepet Penumpang Laki-laki Nakal

Rupanya bukan hanya itu. Semakin dalam kaki melangkah ke belakang, terdapat panorama hamparan tanaman padi di sawah terasering yang sangat luas.

Keelokan itu seketika mengingatkan pada suasana desa di Ubud, Bali. Begitu asri dan menyejukkan mata.

Mahasiswi Cantik UNS Solo Sukses Jualan Sari Lemon Beromzet Ratusan Juta

Eko tak menyangka di Wonogiri ada tempat wisata yang bernuansa Bali. Menurutnya, objek wisata itu bisa dijadikan salah satu pilihan, terutama bagi masyarakat yang belum pernah ke Bali.

Menurutnya, melihat Kitagawa Pesona Bali sama halnya melihat Bali. Bagi yang pernah ke Bali, wisata tersebut bisa membangkitkan memori saat berwisata di Bali.

Biar Bisa Capai Orgasme, Ini Cara Stimulasi Payudara Wanita

"Saya pernah ke Bali beberapa kali dan ini benar-benar seperti di Bali. Pemandangan, musik, dan orang-orangnya Bali banget," ucap Eko.

Siapa Pendirinya?

Tempat wisata yang dibuka pada 27 Desember 2019 lalu itu didirikan pengusaha sukses asal Sidoharjo, Suparno, 49, yang juga pendiri bangunan mirip Istana Merdeka, yakni Istana Parnaraya di Kebunagung, Sidoharjo.

27 Tahun Mengurung Diri di Rumah, Perempuan Ini Ditemukan Mirip Genderuwo

Sang pendiri menyematkan kata kitagawa yang merupakan ejaan Jepang karena Suparno pengagum kebudayaan Jepang.

Dia menceritakan ide membangun tempat wisata tersebut muncul lantaran 99% dari ratusan orang lanjut usia (lansia) yang rutin disantuninya mengaku belum pernah ke Bali.

Merinding! Cerita Driver Ojol Antar Makanan ke TPU Purwoloyo Solo

Sejak saat itu dia tergugah ingin membuat sebuah kawasan yang bernuansa Bali agar mereka dapat menikmati suasana Bali. "Sekaligus saya ingin mendekatkan Bali dengan masyarakat Wonogiri," ulas Suparno.

Oleh-Oleh & Hiburan

Pembangunan objek wisata tersebut, menurut Suparno, belum rampung 100%. Lokasi akan dilengkapi pusat oleh-oleh dan kuliner khas Bali.

Gejala hingga Cara Pencegahan Virus Corona

Selain itu, setiap Sabtu dan Minggu ia akan menyuguhkan tari Bali, seperti Kecak dan Leak, dengan iringan gamelan Bali secara langsung.

Kisah Pilu Rehan, Bocah SD Wonogiri yang Terpaksa Sering Bolos karena Urus Nenek

Suparno sudah menunjuk instruktur untuk melatih anak-anak, pemuda, dan warga sekitar tempat wisata.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!

Tarian Bali akan mulai disuguhkan pada Februari mendatang. Meski ada pentas, tiket masuk tidak akan naik, yakni Rp5.000 bagi orang dewasa dan Rp3.000 bagi anak-anak.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho