Ada Jembatan Sasak Baru di Mojolaban Sukoharjo, BBWSBS: Harus Urus Izin Dulu

Staff Operasi Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo meminta masyarakat yang akan membuat jembatan sasak baru untuk memperhatikan keselamatan warga serta mengurus perizinan terlebih dahulu ke stakeholder setempat.

 Pembangunan Jembatan Sasak baru dari arah Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo ke Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (28/9/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

SOLOPOS.COM - Pembangunan Jembatan Sasak baru dari arah Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo ke Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (28/9/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO– Jembatan sasak yang menghubungkan warga dari Mojolaban Sukoharjo ke Kota Solo menjadi jalan alternatif yang diserbu warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jembatan Jurug. 

Sebelumnya, jembatan sasak pertama yakni berada di Desa Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo dan berujung di Kampung Sewu, Jebres, Solo. Jembatan sasak tersebut sampai dibuat dua lajur.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pada Rabu (28/9/2022) beredar di media sosial (medsos) muncul jembatan sasak baru yang menghubungkan Desa Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo dengan Kampung Ngepung, Sangkrah, Pasar Kliwon.

Proses pembangunan Jembatan Sasak itu beredar di sosial media pada Rabu (28/9/2022).

Dilansir dalam akun Instagram @soloinfo seorang pria dalam video mengatakan Jembatan Sasak ke arah Sangkrah yang baru dibangun itu bisa dilalui pada Jumat (30/9/2022) mendatang.

Baca juga: Ada yang Belum Tahu, Ini Lokasi Jembatan Sasak Penghubung Sukoharjo-Solo

Terlihat dalam video sebuah alat berat sedang mengeruk lahan di bantaran sungai tersebut.

Sementara itu, Staff Operasi Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai  Bengawan Solo ((BBWSBS), Suryadi mengingatkan kepada pengelola jembatan, keselamatan pengendara yang melintas harus menjadi prioritas utama.

“Kami mendapat informasi dari warga dan medsos, berhubung sungai ini kewenangan BBWS Bengawan Solo kami survei seperti apa proses penyebrangannya. Intinya kami khawatir dari segi keselamatan masyarakat pengguna,” terang Suryadi usai menengok kedua Jembatan Sasak itu pada Rabu (28/9/2022) sore.

Suryadi berharap pengelola mengurus izin terlebih dahulu sebelum mengoperasikan penyebrangan itu. Apalagi ada alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah di bibir Sungai Bengawan Solo.

“Jangan sampai nanti ada kecelakaan yang berarti di jalan ini, jangan sampai itu terjadi. Kami juga mengharapkan pengelola izin dulu ke BBWS karena akan ada arahan-arahan khusus dari kami. Termasuk alat berat yang digunakan, karena otomatis kan itu merusak infrastruktur, seharusnya tidak terjadi seperti itu, seharusnya izin dulu,” tegas Suryadi.

Baca juga: Jembatan Sasak Sukoharjo Mulai Bisa Dilewati 2 Lajur, Antrean Lebih Longgar

Ditanya perihal adanya tindak lanjut terkait penggunaan alat berat itu, dia mengatakan pihaknya masih akan melakukan evaluasi dari hasil survei lapangan.

“Berhubung sudah terlanjur seperti itu, langkah awal kami konfirmasi dulu dari lurah, kades, dan para pelaku, sudah dikelola berapa lama. Kami mohon dari para pengelola keselamatan pengendara itu yang paling utama,” terang Suryadi.

“Sudah ada izin dari Dishub Sukoharjo untuk yang Jembatan Sasak [jembatan lama dari Gadingan ke Jebres] yang sana [Gadingan ke Sangkrah] belum ada. Dishub juga seharusnya tidak serta merta mengizinkan seperti itu, karena ini kan wilayah BBWS Bengawan Solo,” imbuhnya.

Menurutnya perizinan ke BBWS Bengawan Solo harus ada mengingat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka minimal pihaknya akan dikenai pasal pembiaran.

“Kami hanya mengingatkan saja untuk tindak lanjutnya akan kami evaluasi terlebih dahulu. Ini dampak dari implikasi Jembatan yang ditutup,” terang Suryadi.

Baca juga: Jembatan Callender Hamilton, Urat Nadi Jalur Trans Jawa

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengatakan akan mencari lebih lanjut mengenai informasi itu. Mengenai informasi lebih lanjut pihaknya enggan berkomentar saat dihubungi.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi jembatan sasak yang baru itu pada Rabu sore sekitar pukul 16.00 WIB telah dibentangkan. Namun belum keseluruhan struktur jembatan terpasang. Warga ramai menyaksikan pembangunan jembatan tersebut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kaesang-Erina Ziarah ke Makam Raja Mangkunegara, Juru Kunci: Minta Izin Resepsi

      Juru Kunci Astana Girilayu menyebut kedatangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk meminta izin untuk melangsungkan resepsi pernikahan.

      Dukung Program Kantin Cumi, Pengantin di Karanganom Klaten Tebar Ikan di Sungai

      Pasangan pengantin asal Karanganom, Muhammad Fajar dan Mutiara Indah menyebar 500 benih ikan di sungai di depan KUA Karanganom, Senin (28/11/2022).

      Tips Petani Muda Sukses: Niat Dahulu, Nekat Kemudian

      Petani muda dari kalangan milenial menggeliat di tengah isu krisis pangan dan membagikan tips sukses menjadi petani, salah satunya memulai dengan niat, baru kemudian nekat.

      Sesuaikan Survei KHL, Serikat Pekerja di Boyolali Tetap Usulkan UMK Rp3 Jutaan

      Dewan Perwakilan Daerah Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (DPD FKSPN) Boyolali mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) Boyolali sesuai survei kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Susu yakni Rp3.087.000 

      Kronologi Mobil Nyungsep di Saluran Irigasi Sukoharjo Gegara Google Maps

      Kronologi laka tunggal mobil  masuk saluran irigasi Bengawan Solo di Dukuh Kenteng, Desa Dukuh, Mojolaban, Sukoharjo karena menggunakan petunjuk arah dengan Google Maps.

      Rahasia Pindang Kambing Mbah Sinem Wonogiri Sering Ludes dalam Waktu 2 Jam

      Pindang Kambing Mbah Sinem telah menjelma menjadi kuliner khas di Wonogiri.

      Fenomena Efek Wali Kota Gibran, Warga Luar Solo Ramai-Ramai Sambat

      Fenomena Gibran effect diprediksi bisa kian meluas spektrumnya, tidak hanya di Soloraya.

      Ibu Negara Iriana Test Food Kuliner Pernikahan Kaesang-Erina

      Ibu Negara Iriana melakukan test food yang akan disajikan pada pernikahan Kaesang-Erina pada Desember mendatang.

      Tambang Ilegal di Klaten Merusak Ekosistem Gunung Merapi

      Keberadaan aktivitas tambang ilegal di Kecamatan Kemalang, Klaten, perlahan merusak ekosistem lereng Gunung Merapi.

      Ada Peran Sunan Pandanaran di Balik Tradisi Pembuatan Gerabah Melikan Klaten

      Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terkenal sebagai sentra kerajinan gerabah yang proses pembuatannya dengan teknik putaran miring.

      Romantis, Erina Terus Gandeng Tangan Kaesang Saat Ziarah di Astana Mangadeg

      Erina Gudono selalu menggandeng tangan Kaesang Pangarep saat berziarah ke Makam Raja-raja Mangkunegaran di Astana Mangadeg, Kabupaten Karanganyar.

      Penyerapan APBD Boyolali Baru 80-an Persen, Sekitar 35 OPD Belum Maksimal

      Penyerapan APBD di Boyolali belum maksimal atau baru 70-80-an persen hingga November ini.

      Mantap! Penghasilan Petani Milenial Sragen Ini Capai Rp10 Juta/Bulan

      Petani milenial Sragen berhasil meraup penghasilan hingga Rp10 juta/bulan. Ia memiliki produk unggulan berupa beras organik selain produk pertanian lain.

      Pakai Google Maps, Mobil Ayla Nyungsep di Saluran Irigasi Mojolaban Sukoharjo

      Mobil Daihatsu Ayla putih berpelat nomor AD 9169 YV terjun bebas di saluran irigasi Dukuh Kentengsari RT001/RW001 Wirun, Mojolaban, Sukoharjo.

      Kaesang-Erina Ziarah Ke Makam Raja Mangkunegaran di Astana Mangadeg

      Sebelum menikah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berziarah ke makam raja-raja Mangkunegaran di Astana Mangadeg, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar pada Selasa (29/11/2022).