SOLOPOS.COM - Proses peresmian KA Manahan dengan rute Stasiun Solobalapan ke Stasiun Gambir, Kamis (1/6/2023). (Istimewa/KAI).

Solopos.com, SOLO — Penumpang Kereta Api (KA) eksekutif Manahan jurusan Stasiun Solobalapan menuju Stasiun Gambir berharap masa berlaku harga promosi bisa diperpanjang.

Harga promosi KA Manahan yakni sebesar Rp200.000 hingga akhir Juni. Sementara, dilansir dari KAI Access, Minggu (4/6/2023), harga tiket normal KA Manahan dari Solo Balapan ke Gambir mulai Rp500.000 hingga Rp590.000.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu penumpang KA Manahan yakni Vicky, warga Jakarta yang berlibur ke Solo. Ia mendapatkan tiket promo KA Manahan seharga Rp200.000 secara tidak sengaja pada awal Mei lalu.

“Awalnya memang ada rencana ke Solo saat long weekend, terus iseng buka KAI Access, ternyata ada KA Manahan jurusan Jakarta-Solo dengan waktu keberangkatan yang pas, waktu mengecek harga cuman Rp200.000 jadi langsung saya ambil,” ungkapnya kepada Solopos.com, Minggu (4/6/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Harga tiket promo lebih dari 50% tersebut membuatnya mampu menghemat pengeluarannya untuk berlibur. Awalnya ia mengira akan menghabiskan Rp1,2 juta untuk satu tiket pulang pergi.

Tapi, karena mendapatkan tiket promo KA Manahan ia hanya mengeluarkan Rp800.000an untuk pulang pergi. Perhitungannya yakni tiket promo Rp200.000 untuk perjalanan Jakarta Solo, dan Rp625.000 untuk tiket kembali ke Jakarta.

“Lumayan bisa hemat Rp400.000an buat tiket perjalanan, karena saya pulang dapatnya KA Manahan yang harga tiketnya Rp625.000. Dari awal memang mencari yang kelas eksekutif, karena pengalaman naik yang ekonomi capek di perjalanan jadi pas wisata justru jadi capek dan enggak nyaman,” ulasnya.

Cerita serupa juga diungkapkan oleh Anggi Elka, warga Jakarta yang datang ke Solo untuk pulang ke rumah orang tuanya yang ada di Laweyan.

Anggi mendapatkan tiket KA Manahan dengan harga Rp520.000 untuk keberangkatan dan Rp200.000 untuk pulang ke Jakarta pada awal Mei. Keuntungan dari KA Manahan adalah jadwal yang lebih pagi dibandingkan KA kelas eksekutif menuju Solo lainnya.

“Sebenarnya kalau bisa diperpanjang promosinya untuk beberapa perjalanan saja, karena saya mengecek di KAI Access cuma satu perjalanan yang harga tiketnya Rp200.000. Keuntungan KA Manahan juga waktu keberangkatannya pagi, jadi sampai Kota Solo pas siang hari sekaligus bisa jalan-jalan,” ungkapnya.

Anggi juga menyebut, KA Manahan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi mereka yang ingin berlibur ke Solo.

“Kalau melihat jadwal KA Manahan, itu bisa banget buat jadi daya tarik, teman-teman saya yang di Jakarta akhirnya malah tertarik ke Solo karena ada KA Manahan, jadi booking tiket berangkat Jumat pulang Minggu,” ungkapnya.

Belum Ada Tambahan Kuota

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, Jumat (2/6/2023), melihat tingkat keterisian yang tinggi pada KA Manahan maupun KA Banyubiru yang baru beroperasi, Kamis (1/6/2023).

“Melihat data yang naik KA Manahan dan KA Banyubiru, antusiasme dari warga Solo terbukti cukup tinggi. Karena KA Banyubiru keterisiannya mencapai 100 persen sedangkan KA Banyubiru mencapai 71 persen. Antusiasme ini diharapkan akan terus konsisten dan membuat KA tersebut menjadi sarana transportasi utama bagi warga Soloraya dan sekitarnya,” ulasnya.

Kendati demikian, ia belum memberikan sinyal adanya perpanjangan promo tiket.

“Harga tiketnya masih promosi selama Bulan Juni, KA Banyubiru masing-masing Rp20.000 dan Rp30.000 kalau yang KA Manahan di Rp200.000. Untuk perpanjangan harga promosi, kami masih belum tahu dan tiket tambahan juga masih belum ada,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya