SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menggelar kegiatan bertajuk Ponorogo International Mask and Folklore Festival (PimfoFest) atau Festival Topeng dan Folklore 2019. Akan ada puluhan topeng unik dan khas dari tujuh negara unjuk gigi dalam festival tersebut.

Tujuh negara yang memamerkan topeng dalam festival itu antara lain Rusia, Slovakia, Uzbekistan, Korea Selatan, Timor Leste, Ekuador, dan Meksiko. Selain itu, ada juga delegasi budaya dari tujuh daerah di Indonesia. Termasuk topeng-topeng unik dari Ponorogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan kegiatan skala internasional itu akan berlangsung Sabtu-Selasa (27-30/7/2019). Kegiatan tersebut akan dimulai dengan parade budaya para peserta yang jumlahnya mencapai 150 orang.

“Saat ini persiapannya sudah hampai 90%. Panggung sudah siap. Kedatangan para peserta juga sudah pasti. Penjemputan dan berbagai izin juga sudah ada,” kata Ipong Muchlissoni seusai rapat koordinasi persiapan festival topeng di Aula Bappeda Ponorogo, Rabu (24/7/2019).

Saa parade topeng Sabtu (27/7/2019) sore nanti, para peserta akan berjalan dengan kostum unik dari masing-masing negara. Diikuti para delegasi budaya dari beberapa daerah di Indonesia.

Ipong menyampaikan rute parade tersebut mulai dari Jl. Gajah Mada ke barat menuju Paseban Alun-alun Ponorogo. Setelah upacara pembukaan, setiap peserta tampil selama tiga menit.

Lebih lanjut, Ipong berharap Ponorogo lebih dikenal masyarakat luas dan di luar negeri.

“Peserta luar negeri ini tentunya bisa menginformasikan saat pulang ke negara masing-masing. Ini juga untuk membangun pariwisata di Ponorogo. Agar Ponorogo lebih dikenal, setelah dikenal didatangi,” kata Bupati Ipong yang dikutip Madiunpos.com dari siaran pers.

Menurut dia, pemilihan topeng sebagai tema festival karena reog Ponorogo termasuk dalam kategori topeng. Bahkan, reog disebut sebagai salah satu tari topeng terbesar di dunia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya