SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA- Fenomena pengunjung melempar koin di kolam dekat pintu keluar dome Taman Burung Gembira Loka Zoo Jogja, menjadi tren belakangan ini tanpa diketahui siapa yang mengawali.

“Kalau pengunjung pas lagi ramai, uang koin yang terkumpul bisa banyak. Dalam waktu tiga hari saja, bisa terkumpul mencapai Rp25 ribu hingga Rp30 ribu,” kata Saryana, perawat burung di Taman Burung Gembira Loka Zoo ( GLZoo), Minggu (26/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, uang koin yang dibuang para pengunjung ke dalam kolam itu berupa pecahan Rp100, Rp200, Rp 500, dan terkadang ada pecahan Rp1.000.

Ceritanya, kata dia, awal fenomena lempar uang receh itu muncul sejak liburan akhir 2013. Suatu pagi, seperti keseharian, sebelum mengurusi burung-burung di dome taman burung, dirinya lebih dulu bersih-bersih di sekitar taman burung.

“Saat menyapu di dekat kolam, saya temukan uang koin Rp100. Lalu, tanpa sengaja saya cemplungkan ke kolam. Siangnya, saat saya lewat di samping kolam, saya lihat uang recehan di kolam itu jadi berjumlah banyak,” katanya.

Sejak itu, kata dia, tiap kali ‘memanen’ uang logam tersebut, dirinya menyisakan dua-tiga keping uang logam recehan tersebut. Maksudnya, supaya pengunjung ikut-ikutan melempar recehan ke kolam.

Uang koin itu dimanfaatkan para karyawan yang bertugas di taman burung untuk sekadar membeli makanan kecil dan minuman, dan sebagian disisakan untuk mengisi kas.

“Rancana nanti akan kami belikan kompor listik. Supaya kalau ada teman mau rebus mie, tidak perlu pergi ke warung,” katanya.

Sementara itu,Manager Marketing dan Pengembangan GLZoo, Jogja, Josep Kurniawan, mengatakan taman burung dihuni 348 burung dan di taman itu pengunjung bisa menikmati dan berinteraksi dengan burung-burung koleksi kebun binatang ini. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya