Ada Dugaan Manipulasi Piagam CPD SMA Di Solo, Disdik Jateng Lakukan Ini

Disdikbud Jateng menyikapi serius adannya dugaan manipulasi piagam prestasi calon peserta didik atau CPD di SMA negeri Kota Solo.

 Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Solo, Sri Widodo, menunjukkan bukti piagam CPD yang sempat diduga ada manipulasi di ruang pelayanan PPDB SMAN 3 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Solo, Sri Widodo, menunjukkan bukti piagam CPD yang sempat diduga ada manipulasi di ruang pelayanan PPDB SMAN 3 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLODinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah menyikapi serius adanya dugaan manipulasi piagam prestasi calon peserta didik (CPD) jenjang SMA negeri di Kota Solo. Nantinya piagam prestasi itu akan melewati pengecekan ketat saat daftar ulang PPDB pada tanggal 5-7 Juli 2022.

Kepala Cabang Disdikbud Jateng Wilayah VII, Suratno, saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (3/7/2022), mengatakan akan ada screening ketat mengenai piagam yang dipakai CPD untuk mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA negeri di Solo tahun ajaran 2022/2023.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Mengenai adanya isu manipulasi piagam, nantinya dicek saat daftar ulang secara ketat. Para CPD akan membawa sertifikat atau piagam yang digunakan saat pendaftaran,” ucapnya.

Ancaman sanksi jika ada yang terbukti melakukan manipulasi piagam prestasi CPD SMA negeri di Solo tidak main-main. Apabila nantinya ketahuan ada piagam atau sertifikat yang palsu, CPD akan didiskualifikasi dan dianggap gagal dalam PPDB 2022.

“Bagi CPD yang nantinya ketahuan menggunakan sertifikat atau ijazah palsu, langsung didiskualifikasi dari PPDB 2022,”  lanjutnya. Suratno berharap verifikasi berkas yang dilakukan bisa mengurangi risiko CPD menggunakan sertifikat atau piagam palsu.

Baca Juga: Ada Kecurigaan Manipulasi Piagam CPD, Ini Kata Panitia PPDB SMAN 3 Solo

“Mudah-mudahan dengan verifikasi berkas kemarin sudah bisa meminimalisir hal tersebut,” tutupnya. Diberitakan sebelumnya, ada dugaan manipulasi piagam CPD salah satu SMA negeri di Solo pada PPDB tahun ini.

Informasi mengenai itu beredar di media sosial Twitter pada Kamis (30/6/2022). Disebutkan ada dua kejanggalan yang mengarah pada kecurangan saat input data piagam prestasi calon peserta didik.

Kejanggalan

Salah seorang siswa SMP di Solo yang meminta namanya dirahasiakan, kepada Solopos.com, Jumat (1/7/2022), mengatakan ada beberapa kejanggalan dalam input data piagam prestasi kejuaraan calon siswa tersebut. Ia menemukan ada dua kejanggalan pada piagam milik dua CPD SMAN 3 Solo.

Baca Juga: Banyak Anak Solo Jadi Korban Sistem PPDB SMA, Ganjar Pranowo Disomasi

Dua kejanggalan pada dugaan manipulasi piagam prestasi CPD SMA negeri di Solo itu, pertama, adanya kekeliruan tanggal penerimaan piagam kejuaraan yang mengindikasikan kedua CPD tak betul-betul ikut kejuaraan tersebut.

Kedua, diduga ada kesalahan pada kategori kejuaraan yang diinput saat pengajuan akun PPDB calon siswa bersangkutan. Menurutnya, salah satu dari dua CPD tersebut diduga keliru saat melakukan input kategori kejuaraan.

Seharusnya kejuaraan tidak berjenjang, namun diisi kejuaraan berjenjang. Hal itu dapat memengaruhi skor yang didapat CPD tersebut. Satu CPD tersebut diketahui menjuarai lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota/Kabupaten pada 2021 lalu.

Baca Juga: Server PPDB SMA/SMK Sempat Down, CPD Solo Ramai-Ramai Datangi Sekolah

Menurut pelapor, KSM merupakan kejuaraan tak berjenjang. Namun di data pendaftar, CPD menuliskannya menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Panitia PPDB SMAN 3 Solo sudah mengklarifikasi piagam dimaksud dan memastikan tidak ada manipulasi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      + PLUS Dilema Hak Asasi Manusia, Destinasi Wisata Prioritas, dan Investasi

      Konflik antara pelaku wisata di Taman Nasional Komodo dengan aparat kepolisian pada Senin (1/8/2022) adalah akibat kebijakan pemerintah yang mementingkan urusan investasi dibanding mendengar aspirasi masyarakat yang langsung terdampak kebijakan.

      Berita Terkini

      Upacara Detik-Detik Proklamasi di Karanganyar Digelar di Alun-Alun

      Pemkab Karanganyar memastikan menggelar upacara detik-detik proklamasi di Alun-Alun Karanganyar.

      Karanganyar Imbau Peternak Jaga Kebersihan Kandang Babi, Ini Tujuannya

      Pemkab Karanganyar mengimbau peternak babi memperhatikan kebersihan kandang mencegah penularan wabah PMK

      Kenapa Orang Solo Doyan Makan Sate Kambing & Tengkleng?

      Tahukah Anda kenapa orang Solo doyan makan aneka olahan kuliner kambing?

      Wow, Ada 9 Pasangan Suami-Istri di Sragen Maju di Pilkades 2022

      Ada 18 orang yang merupakan pasangan suami-istri yang maju dalam Pilkades serentak di Sragen.

      Kabar Duka, Kades Gladagsari Boyolali Meninggal Dunia

      Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama sepekan, Kades Gladagsari Edy Suryanto meninggal dunia di rumahnya.

      Ada Senjata Api di Daftar Aset Pemkot Solo, Ini Kenyataannya

      Laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Solo menyebutkan ada dua senjata api yang menjadi aset Pemkot Solo.

      Karyawan Pabrik Pergoki Api Menyala dari Rumah Warga Jetak Sragen

      Sumber api diduga berasal dari obat nyamuk yang menyalat kain di sekitar lokasi.

      Ditinggal Pergi, Dapur Rumah Warga Mandong Klaten Terbakar

      Kapolsek Trucuk AKP Sarwoko menjelaskan saat kejadian pemilik rumah tidak berada di tempat

      Sego Trondol Mbok Kam Boyolali Rp5.000, Beri Penasaran Pengunjung

      Sego Trondol Mbok Kam itu mirip nasi kucing dengan menu bandeng, mi, sambal, dan cap jay.

      Dari Pecandu Kini Jadi Pengedar Narkoba, Warga Baki Dibekuk Polisi

      Tersangka sudah membeli obat-obatan terlarang sebanyak lima kali melalui online.

      Vaksinasi PMK di Sukoharjo Masuki Dosis Kedua

      Jumlah vaksin dosis kedua yang diterima Kabupaten Jamu sebanyak 2.100 dosis. Dari jumlah tersebut telah disuntikkan 1.000 dosis.

      KKN UGM Rintis 3 Desa Wisata di Sambungmacan Sragen, Ini Lokasinya

      3 Desa yang dirintis menjadi desa wisata di Kecamatan Sambungmacan, Sragen memiliki potensi yang berbeda untuk mendatangkan pengunjung menikmati desa wisata.

      Inilah Daftar 19 Desa di Sragen yang akan Menggelar Pilkades

      Pilkades serentak akan berlangsung 25 Oktober 2022

      Cuaca Sukoharjo Selasa 9 Agustus Ini, Cerah Berawan Siang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (9/8/2022).

      Bukan Magic, Ini Sebab Kebo Bule Keraton Solo Warnanya Putih Kemerahan

      Meski kerap dikaitkan dengan hal-hal magis, warna kulit pada kebo bule seperti yang ada di Keraton Solo bisa dijelaskan secara ilmiah.