Ada di Pati dan Kulon Progo, Di Mana Sebenarnya Makam Syekh Jangkung?

Dikenal sebagai Hoqwarts van Java, Kabupaten Pati memiliki banyak daerah petilasan para tokoh-tokoh spiritual, salah satunya adalah Makam Syekh Jangkung.

 Makam Syekh Jangkung di Kabupaten Pati (Instagram/@patisakpore)

SOLOPOS.COM - Makam Syekh Jangkung di Kabupaten Pati (Instagram/@patisakpore)

Solopos.com, PATI — Dikenal sebagai Hoqwarts van Java karena unsur mistisnya yang kuat, Kabupaten Pati memiliki banyak daerah petilasan para tokoh-tokoh spiritual, salah satunya adalah Makam Syekh Jangkung. Berada di Desa Landoh, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Makam Syekh Jangkung ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Syekh Jangkung dengan akte notaris nomor 23 tahun 1995 dan dinobatkan sebagai maqbaroh umum¬† umat Islam.

Hampir setiap hari, makam Syekh Jangkung dipadari oleh pengunjung yang hendak berziarah dan mendoakan tokoh spiritual yang ikut andil dalam penyebaran Agama Islam tersebut. Banyak juga yang datang ke makam ini untuk ngalap berkah atau mengharapkan berkah. Namun selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), makam ini ditutup sementara sebagai upaya mengurangi kerumuman.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Siapakah sebenarnya Syekh Jangkung ini? Mengutip Kulonprogokab.go.id, Kamis (19/8/2021). Syekh Jagkung yang juga dikenal sebagai Kyai Landoh ini hidup di abad ke-16 dan menjadi orang yang sangat dihormati oleh masyaraakt karena sepak terjang dalam mengembangkan agama Islam melalui jalur budaya.

Baca Juga : Batik Ciprat, Motif Baru dari Para Penyandang Disabilitas

Saat masih remaja, Syekh Jangkung yang memiliki nama lahir Saridin ini berguru kepada Sunan Kudus dan dirinya sejak masih muda dikenal sudah memiliki kemampuan agama yang mumpuni, termasuk dalam amalan-amalannya. Ia sering menunjukan kemampuan agama dan kesaktiannya di depan para guru dan santrinya.

Sunan Kudus cukup kewalahan karena sepak terjang Saridin hingga akhirnya Saridin diusir dengan cara halus dari wilayah Kudus. Selepas dari Kudus, Saridin mengembara ke berbagai daerah, antara lain Kabupaten Pati, Palembang, Cirebon dan wilayah-wilayah lainnya. Setiap tempat yang dia singgahi, dirinya selalu meninggalkan kisah menarik.

Saridin atau Syekh Jangkung juga merupakan saudara ipar dari Sultan Agung, Raja Mataram ke-3 melalui pernikahan dirinya dengan kakak dari Sultan Agung yang bernama Retno Jinoli. Pertemuan Syekh Jangkung dan Sultan Agung ini di masyarakat banyak diceritakan dalam legenda Sultan Agung Tani. Diceritakan, kedua saudara ipar ini bahu membahu untuk menumpas kejahatan dan menyebarkan agama Islam di masyarakat.

Baca Juga : Meja Akuarium Berukiran Kayu Ikuti Tren Ikan Hias

Keberadaan Makam Syekh Jangkung ini sebenarnya masih dipertanyakan karena selain di Kabupaten Pati, rupanya di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di daerah Pedukuhan Lendah, Kelurahan Jatirejo, Kapenawon Lendah juga terdapat Makam Syekh Jangkung.

Namun keberadaan pastinya tidak dipermasalahkan oleh juru kunci makam karena normalnya, seorang tokoh besar sudah pasti meninggalkan jejak di mana-mana. Yang terpenting adalah keteladanan Syekh Jangkung tersebut yang menjadi pelajaran bagi banyak orang.

Sumber: Kulonprogokab.go.id, Instagram

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Seorang Lansia di Grobogan Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai

      Seorang pria lansia ditemukan meninggal di pinggir sungai di Dusun Buduran, Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan.

      Bawaslu Jateng Surati Gubernur, Pangdam, dan Kapolda, Ada Apa?

      Bawaslu Jateng menyurati Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV Diponegoro agar mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

      Meriah! Begini Suasana Pawai Jolen Tradisi Merti Desa di Semarang

      Acara merti desa berupa pawai Jolen di Desa Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, berlangsung cukup meriah.

      Selain Bupati, Ini Daftar Pejabat Pemkab Pemalang yang Ditangkap KPK

      Berikut daftar nama pejabat di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pemalang yang ditetapkan tersangka atas kasus korupsi jual beli jabatan.

      Blora Sepakat Perangi Hama Tikus Tanpa Jebakan Listrik

      Penggunaan jebakan tikus dengan listrik memang efektif dan instan, namun risiko dan dampaknya besar bahkan bisa menyebabkan kehilangan nyawa seseorang.

      Jangan Kelewatan! Pasar Apung Banjir Kanal Barat di Semarang Minggu Ini

      Acara Pasar Apung Banjir Kanal Barat bakal digelar di Sungai Kanal Banjir Barat, Kota Semarang, Minggu (14/8/2022).

      Tumbuhkan Nasionalisme, Kapolres Grobogan Nobar Film Bareng Siswa SD

      Polres Grobogan mengajak nobar siswa SD Negeri 4 Purwodadi untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme.

      Tertabrak Motor, Perempuan Pejalan Kaki di Semarang Meninggal

      Peristiwa kecelakaan maut terjadi di Jalan Tentara Pelajar, Kota Semarang, di mana seorang pejalan kaki meninggal dunia setelah tertabrak sepeda motor.

      Ini Video Detik-detik Tabrak Lari di Jalan Sriwijaya Semarang

      Rekaman video yang memperlihatkan detik-detik kecelakaan tabrak lari di Jalan Sriwijaya, Kota Semarang, beredar di media sosial.

      Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Begini Reaksi Kepala Ombudsman Jateng

      Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jateng, Siti Farida, mengaku terkejut mendengan kabar Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ditangkap KPK.

      Ini Dia Lokasi Alun-alun Lama di Kudus, Dekat Makam Sunan Kudus

      Berikut alamat lengkap lokasi Alun-alun lama di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), yang kini telah berubah menjadi taman.

      Pemkot Semarang Terima Bus Listrik dari PT Mobil Anak Bangsa

      Pemerintah Kota Semarang baru saja menerima bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa yang akan digunakan di berbagai kawasan.

      Gara-gara Patah Hati, Brigadir Dian Malah Lolos Kontes Dangdut Koplo

      Salah satu anggota Polres Salatiga, Brigadir Afridian Asmara Putra, 27, lolos 20 besar kompetisi dangdut Koplo Superstar di salah satu stasiun televisi Indonesia.

      Ini Pengakuan Pelaku Tabrak Lari di Jalan Sriwijaya Semarang

      Pelaku tabrak lari di Jalan Sriwijaya, Kota Semarang, yang mayat korban ditemukan di saluran air, mengaku tidak sadar telah menabrak korban hingga meninggal.

      Lihat Solar Tumpah di Jalanan Salatiga? Ini yang Harus Anda Lakukan

      Ia meminta warga segera melaporkan kepada BPBD Kota Salatiga apabila melihat warna aspal akan menjadi hitam pekat karena tumpahan solar.

      Korsleting, Rumah Petani di Tanggungharjo Grobogan Ludes Terbakar

      Satu rumah milik warga di Dusun Krajan RT 004, RW 002, Desa Ringinpitu, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, ludes terbakar.