Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

 Foto udara yang diambil Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo, kegiatan simulasi dalam rangka sosialisasi marka Yellow Box Junction, oleh Komunitas Pajero Indonesia One Soloraya bersama Dishubkominfo dan Satlantas Polresta Solo, di perempatan Gendengan, Jl. Slamet Riyadi Solo, Sabtu (21/11/2015). (JIBI/Solopos/Istimewa/ilustrasi)

SOLOPOS.COM - Foto udara yang diambil Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo, kegiatan simulasi dalam rangka sosialisasi marka Yellow Box Junction, oleh Komunitas Pajero Indonesia One Soloraya bersama Dishubkominfo dan Satlantas Polresta Solo, di perempatan Gendengan, Jl. Slamet Riyadi Solo, Sabtu (21/11/2015). (JIBI/Solopos/Istimewa/ilustrasi)

Solopos.com, SOLO — Apa sih arti dan fungis marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemui di perempatan jalan, termasuk di Kota Solo, Jawa Tengah?

Marka berbentuk persegi panjang berwarna kuning ini berada di persimpangan jalan. Bagi pengendara mobil dan sepeda motor tentunya tak asing lagi dengan marka jalan ini.

Baca Juga:  Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Namun, masih banyak pengendara yang belum mengetahui arti dari marka jalan tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari portal Smartcity.jakarta.go.id, Yellow Box Junction memiliki arti dan fungsi marka jalan ini untuk mencegah agar lalu lintas di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi.

Baca Juga:  Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

Meskipun lampu lalu lintas sudah hijau, pengguna jalan yang belum masuk Yellow Box Junction harus berhenti jika masih ada kendaraan lain di dalam area kotak kuning tersebut.

Pengendara baru bisa maju jika kendaraan di dalam Yellow Box Junction sudah keluar.

Baca Juga:  Viral Video Mesum Sejoli 25 Detik, Diduga Terjadi di Sragen

Arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction diatur dalam Pasal 287 ayat 2 juncto Pasal 106 ayat 4 huruf a dan b dalam UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka akan ditindak karena sama saja melanggar marka jalan.

Baca Juga: Mitos Larangan Menikah Anak Pertama dengan Ketiga, Ada yang Percaya?

Menurut Pasal 287 ayat (2) juncto Pasal 106 ayat (4) huruf a, b dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hukuman pidana bagi pelanggar YBJ adalah kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Wacana Program Mobil Rakyat Bergulir, Ini Prediksi Penjualan Mobil di 2022

Proyeksi pasar juga tergantung dari persetujuan mobil rakyat yang tentunya akan berdampak positif bagi pasar otomotif tahun 2022 ini.

Jangan Lupa Lur! Cek Setang Secara Berkala Agar Aman Berkendara

Pengecekan setang secara berkala perlu dilakukan agar bisa berkendara secara aman.

Raih Market Share 17,5% pada 2021, Ini Produk Daihatsu Paling Digemari

Daihatsu merilis hasil penjualan sepanjang 2021 dengan capaian positif. Hal ini ditandai dengan hasil penjualan ritel dengan raihan 151.107 unit, dengan market share sebesar 17,5%.

AHM Sumbang 49% dari Total Ekspor Motor RI, Segmen Skutik Mendominasi

PT Astra Honda Motor (AHM) menutup tahun 2021 dengan catatan ekspor yang gemilang. Sebanyak 392.829 unit sepeda motor berhasil diekspor tahun lalu.

Yamaha Fazzio Hybryd-Connected Klasik dan Berkelas, Segini Harganya

Yamaha Fazzio yang baru diluncurkan sekaligus menjadi awal dari jajaran produk di kategori terbaru, Classy Yamaha.

Cara Ganti Filter Oli, Ini Tips dari OtoKlix!

Disadur dari Aplikasi Bengkel Mobil, OtoKlix.Com, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk dapat mengganti filter oli secara benar.

Pengumuman! Tiket Moto GP Bisa Dibeli di Gelaran IIMS 2022

Para pecinta Moto GP bisa langsung membeli tiketnya selama Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung sejak 17 Februari 2022.

Ketika Keunggulan Hyundai Creta Dijajal Awak Media

Kegiatan test drive Hyundai CRETA bagi awak media ini dilaksanakan di area pabrik manufaktur Hyundai Motor di Deltamas,Cikarang.

Capaian Positif Penjualan MMKSI di Tahun 2021

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan.

Yang Baru dari Jeep Wrangler 4xe 2022

Untuk tahun 2022, jajaran Wrangler 4xe lebih ditingkatkan dengan konten teknologi canggih dan serangkaian fitur ADAS generasi terakhir.

Lexus Bawa Dua Kendaraan Berkonsep Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022

Lexus bawa dua kendaraan berkonsep off road yakni NX PHEV dan ROV ke Tokyo Auto Salon 2022.

Debut 2 Mobil Konsep Mitsubishi di Tokyo Auto Salon 2022, Apa Saja?

Mengusung tema, The Next Era, The Next Adventure, Mitsubishi Motors Corporation memamerkan tujuh model, termasuk dua mobil konsep.

Honda Daftarkan Motor Listrik U-GO di Indonesia, Rilis Kapan?

Honda sudah mendaftarkan motor listriknya, U-GO di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Indonesia.

Tak Perlu Antre, Janjian Service Mobil Mitsubishi Pakai Aplikasi MMID

Selain aplikasi MMID, sebagian konsumen melakukan perjanjian service mobil melalui Whatsapp dan telepon.

Sst... Ada Robobus Beroperasi Tanpa Setir, Pedal Gas dan Pedal Rem

Jangan kaget jika di Guangshou International Bio Island, China naik minibus Robobus tidak menjumpai pengemudi.

Bikin Penggunanya Makin Eksis, Ini Teknologi dan Fitur Daihatsu Rocky

Sebagai mobil compact SUV berkapasitas 5 penumpang yang stylish dan modern, Daihatsu Rocky cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan aktif.