Pulau Simping

Solopos.com, SOLO — Papua dan Kalimantan masuk dalam daftar 10 besar pulau terbesar di dunia. Tidak hanya itu, Indonesia juga punya pulau terkecil di dunia yang sudah diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Adalah Pulau Simping yang sebelumnya bernama Pulau Kelapa Dua di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang menjadi pulau terkecil di dunia. Pulau ini memiliki luas hanya sekitar 0,5 hektare sehingga diakui PBB sebagai pulau terkecil di dunia.

Pulau ini berada di Teluk Mak Jantu, tepatnya berada di kawasan wisata pantai Sinka Island Park, Singkawang. Dari berbagai sumber dan penjelasan yang didapat dari para pedagang makanan setempat, dahulunya pulau tersebut berpenghuni.

Namun, pulau ini mengalami abrasi yang parah. Secara berangsur pulau itu kemudian ditinggalkan para penghuninya. Penyebutan sebagai pulau terkecil di dunia itu sendiri terpampang pada papan petunjuk yang terdapat pada sisi kiri jembatan menuju pulau.

Disebutkan bahwa statusnya sebagai pulau terkecil diakui oleh PBB. Pulau ini merupakan daratan yang terdiri atas pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon.

Nama Pulau Kelapa Dua sempat disematkan ke pulau ini karena awalnya ada sepasang pohon kelapa yang dulu ada di pulau ini. Meski begitu sekarang sudah banyak pohon kelapa yang tumbuh di Pulau Simping.

Meski saat ini sudah tidak lagi ada penghuninya, namun di pulau ini terdapat semacam kelenteng kecil sebagai tempat warga Tionghoa bersembahyang. Di pulau mungil ini pun tersedia suguhan pemandangan pantai, laut, dan perbukitan yang indah. Tak heran bila pulau ini selalu didatangi wisatawan untuk menikmati pesona alamnya.

Pesona Pulau Simping kian lengkap dengan kedalaman laut di sekitar pulau yang tergolong dangkal. Ini memungkinkan wisatawan leluasa untuk berenang atau hanya sekadar bermain air.

Akses Jembatan

Pulau Simping
Pulau Simping (Detikcom)

Ada jembatan lumayan panjang untuk berjalan ke Pulau Simping yang dikelilingi batu-batu. Dilansir dari Liputan6.com, Pulau Simping ini termasuk dalam kawasan Sinka Park Island. Lokasi ini bersebelahan dengan Sinka Zoo yang berada satu lokasi.

Berada di Sinka Island Park akan banyak budaya China misalnya ada patung 12 shio. Tentu ini tidak lepas dari kultur Singkawang yang kental dengan budaya China. Singkawang selama ini terkenal sebagai kota seribu kuil banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing, terutama pada saat Festival Cap Go Meh.

Tidak terlalu sulit menjangkau Pulau Simping ini karena hanya membutuhkan 20 menit perjalanan dari Kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu.

Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang. Urusan penginapan tidak perlu khawatir karena banyak terdapat hotel melati sampai hotel bintang. Siap menjelajah pulau terkecil di dunia?

Sumber: Newswire


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten