SOLOPOS.COM - Bangunan cagar budaya berupa tugu jam berada di pojok Pasar Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (Harianjogja.com-Lugas Subarkah)

Solopos.com, SLEMAN — Pasar Godean di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal segera direvitalisasi. Selain menjadi pusat perbelanjaan, Pasar Godean di Kabupaten Sleman juga menyimpan benda cagar budaya hingga makam keramat yang hingga kini masih kerap didatangi peziarah.

Kepala UPT Pelayanan Pasar Wilayah 1, Robertus Esthi Raharja Prasetya, menuturkan di Pasar Godean Sleman terdapat benda cagar budaya yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan DIY, yakni sebuah konstruksi jam yang terletak di sudut barat daya pasar atau sisi timur laut simpang empat Godean.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Benda ini merupakan tetenger jumenengan dalem Sri Sultan HB. Tetenger itu terbentuk seperti tugu dengan jam dinding di atasnya dan masyarakat sering menyebutnya ngejaman. “Itu dikelola oleh Dinas Kebudayaan DIY,” katanya, Senin (30/5/2022).

Selain itu, di sisi selatan pasar terdapat sebuah makam yang menurut cerita masyarakat adalah makam Mbah Jembrak. Makam ini terdapat di dalam ruangan sempit dengan pintu tertutup. Meski demikian, setiap orang bisa membuka dan masuk ke dalam ruangan tersebut.

Tentang makam ini, menurutnya banyak versi yang mengiringi keberadaannya. Ada yang mengatakan Mbah Jembrak merupakan leluhur orang Godean. Namun ada pula yang menyebut Mbah Jembrak merupakan orang Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat, dan ada pula yang mempercayainya sebagai guru spiritual.

Baca juga: Ada Makam Keramat di Tengah Waduk Mulur Sukoharjo, Ini Kisahnya

Namun pastinya, makam di Pasar Godean Sleman itu dianggap keramat dan hingga kini masih banyak didatangi peziarah, baik perorangan, rombongan, bahkan rombongan dalam skala besar yang datang dengan bus.

“Tadi siang, karena besok itu Selasa Kliwon, ada juga yang bersih-bersih di makam itu,” katanya.

Tidak ada sumber tertulis terkait keberadaan makam keramat di Pasar Godean Sleman tersebut. Namun, peziarah banyak berdatangan dari berbagai daerah terutama pada hari-hari tertentu. Dalam rencana revitalisasi, makam ini pun tidak akan dihilangkan, tetapi justru akan diperbaiki.

“Karena ini adalah sebuah cagar budaya, ini dilestarikan tidak dihancurkan. Situs makam ini kemudian diberikan tempat yang lebih enak, lebih nyaman tanpa harus mengubah makamnya,” kata dia.

Baca juga: Tiga Pasar Tradisional di Jogja Bakal Direvitalisasi, Mana Saja?

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Tina Hastani, menjelaskan saat ini pembangunan Pasar Godean masih menunggu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena dana pembangunan dari Pemerintah Pusat.

“Sementara ini kami sedang berproses melengkapi semua dokumen, persyaratan yang dibutuhkan, koordinasi dan sebagainya. Intinya kami sedang mempersiapkan semuanya sesiap mungkin,” ujarnya.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul: Hendak Direvitalisasi, Pasar Godean Pertahankan Situs Cagar Budaya & Akan Jadi Objek Wisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya