Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan mengatur arus lalu lintas di depan Pospam Mudik Lebaran 2019 di Exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Selasa (4/6/2019). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Polres Sragen tidak menambah jumlah personel yang disiagakan di setiap Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2019 pascaterjadinya aksi teror yang menyasar Pospam Kartasura, Sukoharjo, pada Senin (3/6/2019) malam.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan, mengatakan ancaman teror terhadap petugas jaga pospam sudah diprediksi sebelumnya oleh Polri. Dia menilai Polres Sragen sudah menerapkan skenario pengamanan yang tepat dalam rangka mengantisipasi potensi teror.

“Setiap pospam dijaga 20-30 personel Polri dan enam personel TNI. Mereka bertugas mengamankan masyarakat, terutama pemudik. Tapi, mereka sendiri itu juga diamankan oleh rekannya. Jadi, di setiap pospam ada dua personel yang menjadi body cover yang dilengkapi senjata laras panjang dan rompi antipeluru. Kami rasa jumlah personel sudah lengkap sehingga tidak perlu ada penambahan personel,” tegas Kapolres saat ditemui solopos.com di di Pospam Exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Selasa (4/6/2019).

Mantan Kapolres Kota Salatiga itu meminta anggotanya mewaspadai pergerakan orang yang mencurigakan di sekitar pospam. Dia meminta anggota memperketat pengawasan area sekitar pospam hingga radius 50 meter.

“Kalau ada orang yang mencoba mendekati pos, harus diperiksa. Pemeriksaan harus lebih detail. Jadi kami minta petugas lebih peka, lebih waspada dan jangan sampai lengah,” paparnya.

Kapolres berpesan kepada warga Sragen untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Dia meminta warga tidak khawatir akan potensi gangguan keamanan dan ketertiban selama momen Lebaran.

“Silakan beraktivitas seperti biasa. Tidak perlu dipikir serius, tetapi tetap waspada. Biasanya pada momen Lebaran seperti ini ada saja gangguan kamtibmas seperti pencurian barang, peredaran uang palsu, copet dan lain-lain,” terangnya. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: