Tutup Iklan

Ada Apresiasi untuk Pasar dengan Transaksi Terbanyak Selama SGS 2021

Pelaksanaan SGS tahun ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan transaksi pelaku usaha di Solo, tidak terkecuali di lingkup pasar tradisional.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), memindai QR Code dengan transaksi pembayaran nontunai melalui Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini (Adipati) QRIS saat sosialisasi penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021 di Pasar Gede, Solo, Jumat (3/9/2021). (Nicolous Irawan/Solopos)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), memindai QR Code dengan transaksi pembayaran nontunai melalui Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini (Adipati) QRIS saat sosialisasi penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021 di Pasar Gede, Solo, Jumat (3/9/2021). (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kategori tenant atau merchant Pasar Tradisional, Shelter Kuliner, dan Pasar Ikan dapat dikatakan memiliki jumlah merchant terbanyak dalam program Solo Great Sale (SGS) 2021, yakni sebanyak 14.733 merchant. Khusus untuk pasar tradisional, panitia SGS 2021 akan memberikan apresiasi khusus bagi yang memperoleh jumlah transaksi terbanyak.

Sekretaris Panitia SGS 2021, M. David R. Wijaya, mengatakan khusus untuk pasar tradisional, nantinya akan ada apresiasi tersendiri dari panitia SGS. “Jadi nanti untuk pasar dengan nilai transaksi atau frekuensi terbanyak, akan ada apresiasi,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (22/10/2021).

Dia menjelaskan nilai transaksi merupakan besaran transaksi yang terjadi di pasar tersebut. Sedangkan untuk frekuensi merupakan ke intensitas transaksi di pasar tersebut.

Baca juga: Kenapa Solo Tidak Jadi Daerah Istimewa Seperti Yogyakarta?

“Sebab ada tipe pasar yang memiliki produk dengan nilai besar, untuk tempat kulak juga. Tapi ada tipe pasar yang transaksinya kecil-kecil, tapi sering. Nah frekuensi transaksi, frekuensi menukarkan poin itu juga menjadi perhatian, agar adil,” lanjut dia.

Diketahui, pelaksanaan SGS tahun ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan transaksi pelaku usaha di Solo, tidak terkecuali di lingkup pasar tradisional. Menurut David, sejauh ini transaksi yang terjadi di pasar tradisional di Solo cukup besar, meskipun jika dibandingkan transaksi sebelum pandemi, akan berbeda. Dia berharap pelaksanaan SGS 2021 dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menukarkan Poin

Berdasarkan data dari panitia SGS 2021, jumlah transaksi di SGS 2021 yang tercatat, hingga kemarin sudah mencapai sekitar Rp501 miliar. Dari jumlah itu, transaksi di pasar tradisional menyumbang sekitar Rp17 miliar.

Baca juga: Vaksinasi Pelajar Usia di Atas 12 Tahun di Solo Selesai

David mengimbau kepada masyarakat yang melakukan transaksi di pasar tradisional bisa langsung menukarkan poinnya melalui aplikasi Solo Sale Go, maupun datang langsung di loket penukaran poin SGS di masing-masing pasar.

Sementara, untuk stiker barcode SGS untuk para merchant di pasar tradisional sudah tersedia. Barcode yang terpasang di masing-masing kios atau los pasar, berbeda satu sama lain, sebab didalamnya mencakup informasi nama pedagang dan nama merchant masing-masing.

Petugas pasar tradisional di Solo juga berupaya untuk menginformasikan mengenai program SGS 2021 yang digelar hingga akhir bulan ini. “Kami sampaikan hadiah-hadiahnya. Diharapkan akan menjadi daya tarik masyarakat untuk belanja di pasar,” kata Kepala Pasar Nusukan, Giyarto, belum lama ini.

Baca juga: Selvi Ananda Saat Ditanya Soal Penata Busana Pribadi: Emang Saya Artis?


Berita Terkait

Berita Terkini

Bus Eka Kobong di Jl. Solo-Jogja Klaten, Puluhan Penumpang Auto Kabur

Puluhan penumpang langsung berhamburan keluar saat Bus Eka jurusan Surabaya-Cilacap mendadak terbakar di jalan Solo-Jogja, tepatnya di Jogonalan, Klaten, Selasa (30/11/2021) malam.

Gibran Dijuluki Anak Gaul 2010-an, Ternyata Ini Penyebabnya

Gara-gara foto ini, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dijuluki anak gaul 2010-an. Emang apa sih fotonya?

Satu Pasien Sembuh, Kecamatan Delanggu Klaten Terbebas dari Covid-19

Kecamatan Delanggu menjadi satu dari 21 kecamatan di Klaten yang terbebas Covid-19.

Innalillahi, Berita Duka, Kades Plosowangi Cawas Klaten Meninggal Dunia

Kepala Desa (Kades) Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, Surip, 65, meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam (RSI) Cawas, Selasa (30/11/2021) pukul 14.00 WIB.

Kejar Target Rp2,5 Miliar, Lazismu Sragen Gerakkan Zakat Akhir Tahun

Lazismu Sragen membidik pegawai swasta dan pengusaha untuk menyalurkan zakat mereka ke Lazismu.

Round Up: 15 Kasus Pembuangan Bayi di Sukoharjo yang Menggemparkan

Terhitung sejak 2012, terdapat 15 kasus pembuangan bayi di Sukoharjo. Hanya sebagian kecil dari bayi yang ditemukan masih hidup. Sebagian besar ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Tertahan, Simpanan Anggota KSP SB Solo Ada yang Sampai Rp570 Juta Lho

Nilai uang simpanan para anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo yang masih tertahan hingga saat ini bervariasi dan ada yang mencapai Rp570 juta seorang.

Djaran Goyang-Magbul, Ini Merek Rokok Ilegal Dimusnahkan di Sukoharjo

Ribuan bungkus rokok ilegal hasil sitaan Kantor Bea dan Cukai Surakarta dalam ratusan kali operasi penegakan selama 2020-2021 dimusnahkan di Sukoharjo.

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.