Ada Aplikasi Sinau, Pelayanan Angkutan Umum di Sragen Jadi Mudah
Kasi Angkutan Orang Dishub Sragen Bayu Yuliaji Kurniawan menjelaskan kemudahan dalam aplikasi Sinau kepada para pengusaha angkutan umum di aula Dishub Sragen, Rabu (2/12/2020). (Solopos.com/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sragen membuat aplikasi Sistem Informasi Angkutan Umum (Sinau), Rabu (2/12/2020). Aplikasi ini mempermudah pelayanan bagi perusahaan angkutan umum dan menyajikan data tentang angkutan umum di Sragen.

Aplikasi Sinau menggunakan basis website yang mengakomodasi pelayanan angkutan umum secara online. Tujuannya untuk menghindari tatap muka di masa pandemi.

Inovasi tersebut digagas Kasi Angkutan Orang Dishub Sragen, Bayu Yudiaji Kurniawan, sebagai hasil pendidikan dan pelatihan (diklat) pimpinan IV. Bayu meluncurkan aplikasi itu dengan sosialisasi langsung kepada para pengusaha angkutan umum di Aula Kantor Dishub Sragen.

4 Fakta Kecelakaan di Gemolong Sragen: Mobil Ambyar Dihantam KA

Bayu menjelaskan ada dua manfaat dalam penerapan aplikasi Sinau itu. Yakni manfaat untuk pengusaha angkutan umum dan manfaat untuk para pengambil kebijakan. Termasuk peneliti, dan mahasiswa terkait dengan kebutuhan data tentang angkutan umum di Sragen.

“Ini sarana pelayanan daring. Para pengusaha tinggal mengisi biodata dan syarat-syarat dokumen dalam mengurus perizinan ke Dishub. Seperti rekomendasi balik nama, izin kartu perjalanan, perpanjang izin trayek, penambahan armada, dan peremajaan armada. Dengan aplikasi ini para pengusaha tidak perlu ke Kantor Dishub. Setelah diproses, dokumen dikirim ke alamat perusahaan angkutan umum lewat jasa PT Pos Indonesia,” jelas Bayu.

Dia menerangkan para pengusaha tinggal membuat akun pada aplikasi Sinau dan memilih jenis pelayanannya. Dokumen di-scan sebelum diunggah. Persyaratan lengkap maka dokumen yang diiinginkan pengusaha angkutan umum segera diproses. “Hanya untuk tanda tangan pimpinan Dishub belum elektronik tetapi masih tanda tangan manual,” jelasnya.

Dor Dor Dor! Mobil Alphard Milik Pengusaha Solo Ditembaki Di Jl Monginsidi

Lebih Cepat dan Hemat

Bayu menjelaskan manfaat lainnya adalah adanya data angkutan umum yang bisa diakses. Dia mengatakan pada aplikasi  Sinau itu bisa diketahui jumlah angkutan umum yang aktif di Sragen.

“Ke depan masyarakat bisa mengakses trayek angkutan umum. Misalnya Pasar Bunder-Pilangsari itu menggunakan angkutan umum apa saja. Namun, kami kesulitan mendapatkan data bus pariwisata. Padahal saat libur Natal dan Tahun Baru biasanya Dishub diminta untuk pengecakan. Bagaimana kami mengeceknya kalau data saja belum punya?” katanya.

RS di Solo Penuh, Rudy Usul Asrama Haji Dijadikan RS Darurat Covid-19

Pengusaha angkutan umum PT Sumber Makmur Sragen, Endro menyampaikan aplikasi Sinau mudah dipahami. Dia berterima kasih kepada Dishub dengan adanya aplikasi itu bisa mengurus perizinan dengan cepat dan hemat.

Sebelum ada aplikasi tersebut saat balik nama harus mendapatkan rekomendasi dari Dishub Sragen. Sehingga harus bolak-balik Sragen-Semarang tiga sampai empat kali dan prosesnya lebih dari sebulan.

“Dengan aplikasi Sinau ini, saya tidak perlu ke Sragen. Dan sekarang pengurusan balik nama tidak perlu ke Semarang tetapi bisa dilakukan di Solo. Jadi saya bisa mengajukan rekomendasi balik nama dengan aplikasi itu dan hasilnya tinggal dikirim ke Solo. Selesai bayar, lebih cepat,” ujarnya.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom