SOLOPOS.COM - Kantor VW di JERMAN. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Produsen otomotif asal Jerman Volkswagen atau VW menghentikan sementara produksi kendaraan listrik akibat kekurangannya komponen motor listrik di pabrik Zwickau di Jerman.

Arena Ev pada Jumat (10/11/2023) mengabarkan bahwa berita ini muncul setelah terjadinya penghentian produksi yang serupa di pabrik Volkswagen di Dresden bulan lalu, menyoroti tantangan yang dihadapi raksasa otomotif tersebut dalam transisinya ke mobilitas listrik.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Pabrik Zwickau merupakan tempat produksi kendaraan listrik terbesar Volkswagen di Eropa. Lokasi ini memainkan peran penting dalam rencana ambisius perusahaan tersebut dalam proyek kendaraan listrik.

Pada tahun 2018, Volkswagen menginvestasikan hampir 1,21 miliar euro (Rp20,3 triliun) untuk mengubah pabrik ini menjadi produksi model listrik. Namun, kekurangan komponen e-motor saat ini menyebabkan terhentinya produksi beberapa model, termasuk Audi Q4 e-tron (dan varian Sportback-nya) serta Volkswagen ID.4 dan ID.5.

Terlepas dari tantangan produksi ini, penting untuk dicatat bahwa pengiriman mobil listrik Volkswagen meningkat sebesar 45 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Namun, Chief Financial Officer perusahaan, Arno Antilitz, mengungkapkan bahwa penurunan yang signifikan dalam pesanan kendaraan listrik di Eropa turun menjadi 150.000 dari tahun lalu sebanyak 300.000.

Perusahaan mengaitkan hal ini dengan faktor-faktor seperti suku bunga yang lebih tinggi dan pengurangan subsidi yang berdampak pada permintaan kendaraan listrik Volkswagen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya