Ada Ancaman Mogok Pemain di Project Restart Liga Inggris
Pertandingan pekan ke-23 Liga Premier Inggris 2019-2020 antara Liverpool dan Manchester United di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (19/1/2020) malam WIB. (Reuters-Phil Noble)

Solopos.com, MANCHESTER — Agenda project restart yang dicanangkan Liga Premier Inggris tampaknya bakal menemui jalan terjal.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, baru-baru ini memberi sinyal belum berencana melonggarkan lockdown di masa pandemi Covid-19. Sejumlah pemain pun disebut menentang project restart dan siap mogok main apabila rencana tersebut disetujui pemerintah.

Project restart adalah proposal panduan keselamatan bagi para pemain, pelatih, dan seluruh staf klub Liga Premier Inggris saat kembali menjalani latihan. Salah satu poin di dalamnya juga menjajaki kemungkinan kompetisi dimulai kembali dalam masa pandemi.

Di Sragen, Suara Dentuman Terdengar Seperti Ban Truk Meletus

Upaya itu salah satunya dengan menggelar sisa pertandingan di tempat netral dengan pintu tertutup alias tanpa penonton. Dalam draf project restart, kompetisi bakal digelar kembali paling cepat 12 Juni 2020.

Penolakan regulasi tersebut diawali Brighton & Hove Albion. CEO klub, Paul Barber, menilai tidak ada perbedaan dari segi risiko kesehatan antara laga digelar di tempat netral dengan di markas masing-masing.

Daily Mirror melansir dua sampai tiga pemain dari setiap klub Liga Premier siap menolak berlatih maupun bermain apabila project restart dilaksanakan. Mereka khawatir ide tersebut mengorbankan keselamatan pribadi dan keluarga. Salah satu pemain yang tidak disebutkan namanya menolak bermain untuk terhindar dari potensi membawa virus ke anaknya yang baru lahir.

7 Tips Melatih Kedekatan Orang Tua dengan Anak

Project restart sendiri sejatinya mengatur protokol kesehatan yang harus dilakukan seperti wajib mengenakan masker, larangan meludah dan semua bola serta perlengkapan latihan harus diberikan disinfektan oleh petugas.

Tak Paksa Pemain

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengaku tidak akan memaksa pemain untuk tampil jika memang enggan melakukannya. “Jika seorang pemain secara mental tidak siap untuk bermain, saya rasa kami tidak bisa memaksa siapapun,” ucapnya kepada Sky Sports beberapa waktu lalu.

Pundit Sky Sports, Gary Neville, menilai project restart Liga Premier Inggris bakal tertunda setelah Boris Johnson memberi sinyal tak akan melonggarkan kebijakan lockdown. “Mereka telah menggantungkan nasib pada imbauan pemerintah. Namun, tidak ada apa pun dalam pidato Johnson semalam yang bisa menghibur para pemain di klub.”

DIJUAL CEPAT: Pioneer Headset (SE-MS5T)

Johnson mengatakan sekolah-sekolah kemungkinan baru bisa beroperasi kembali pada Juni 2020 mendatang. Namun dia sama sekali tidak menyinggung soal pertandingan olahraga profesional, apalagi melanjutkan lagi kompetisi.

Sebagai informasi, sejumlah klub seperti Arsenal, Tottenham Hotspur dan West Ham United telah menjalani latihan sepekan terakhir dengan protokol kesehatan ketat. Pada Senin (11/5/2020) waktu setempat, perwakilan klub dijadwalkan bertemu pemerintah untuk membahas prospek project restart.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho