SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat Jatim yang ada di Jakarta untuk tidak ikut aksi unjuk rasa 22 Mei 2019. Dia juga telah jauh-jauh hari meminta masyarakat Jatim untuk tidak berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi tersebut.

Menurutnya masyarakat harus bisa menerima hasil yang telah ditetapkan oleh KPU. Karena mereka juga telah mengikuti proses penghitungan suara yang transparan dari mulai tingkat TPS, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, hingga KPU pusat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Khofifah juga menceritakan dirinya yang telah dua kali gagal dalam Pilgub Jatim. “Saya juga dua kali tidak dapat di pilgub. Tapi terus ke MK,” kata dia saat meninjau Pasar Besar Madiun, Rabu (22/5/2019).

Dia menyampaikan masyarakat Jatim yang di Jakarta cukup banyak. Ada yang di Jakarta untuk kerja, berdagang, maupun untuk belajar.

Gubernur meminta mereka untuk menghindari titik-titik yang masuk dalam kategori berbahaya. Masyarakat Jatim di Jakarta juga harus update suasana di lingkungan sekitar supaya mereka terhindar dari dampak yang ditimbulkan aksi itu.

“Kami imbau untuk tidak ke Jakarta karena kalau sudah ketemu dengan kerumunan. Kita tidak tahu kemungkinan-kemungkinan adanya kerusuhan maupun provokasi,” ujarnya.

Mengenai hasil Pemilu 2019 yang diumumkan KPU, gubernur menyampaikan proses Pemilu membutuhkan waktu panjang. Kampanye sendiri dilaksanakan sampai tujuh bulan hingga tanggal 17 April 2019 dilakukan pemungutan suara.

“Proses penghitungan di TPS berjalan. PPK berjalan. Kabupaten kota berjalan. KPU provinsi juga berjalan. Semua ada saksinya sampai di tingkat pusat,” kata Khofifah.

Proses Pemilu ini merupakan kesepakatan bersama. Saat ada hal-hal yang dianggap kecurangan bisa menggunakan mekanisme konstitusional di Mahkamah Konstitusi. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya