SOLOPOS.COM - Peserta outbound keluarga di Pantai Baru Bantul Minggu (11/5/2014) lalu diikuti 80 pasangan suami-istri dari berbagai daerah di DIY. (JIBI/Harian Jogja/Endro Guntoro)

Harianjogja.com, BANTUL–Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di DIY menunjukkan peningkatan tiap tahunnya. Pada 2013 Rifka Annisa Women Crisis Centre (RAWCC) mencatat ada 700 aduan kasus KDRT diterima.

Manajer Divisi Pengorganisasian Masyarakat dan Advokasi RAWCC Moh Thonthowi mengatakan, kecenderungan jumlah kasus KDRT di DIY meningkat dipengaruhui banyak faktor yang menjadi pemicu dan menyebabkan rendahnya pemahaman antar-pasangan keluarga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk Tahun ini, dari Januari hingga Maret 2014 sudah ada 59 kasus yang diadukan. Ini memang menjadi satu keprihatinan bersama,“ ujar Thanthowi di sela-sela mengikuti kegiatan Outbound Keluarga bertema Mencintai=Peduli+Berbagi yang dipusatkan di Pantai Baru Bantul, belum lama ini.

Thanthowi meyakini kegiatan outbound keluarga dalam suasana santai dipandang cukup efektif membangun hubungan hangat masing-masing anggota keluarga dalam membina kepedulian dan kebersamaan dalam keluarga.

Selain diberikan pendampingan melalui sesi diskusi rutin komunitas dampingan Rifka Annisa WCC, pasangan suami-istri dan anak-anak sebagai peserta kegiatan juga membincangkan seputar komunikasi dalam keluarga.

Berbagai hal dibahas dalam kegiatan ini, seperti pola pengasuhan anak, kesehatan reproduksi, dan relasi sehat tanpa kekerasan oleh seluruh peserta yang berjumlah sekitar 80 pasangan suami istri.

Mereka cukup antusias dalam bermain, berkomunikasi hingga menjalin komunikasai yang akrab. Diakhir kegiatan, para peserta juga menampilkan drama berisikan pesan moral penghapusan KDRT.

Tak ketinggalan, pasangan sumai-istri beserta anak-anak yang datang dari Desa Salamrejo dan Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo yang menjadi komunitas dampingan Rifka Annisa WCC  cukup antusias mengikuti kegiatan penguatan pemahaman tentang KDRT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya