SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Ribuan warga Kota Madiun menyantap bersama sajian makanan khas pecel dalam Festival Pecel Pincuk di alun-alun setempat, Sabtu (22/6/2019) pagi. Penyelenggara menyediakan 1.200 porsi pecel pincuk dalam festival untuk merayakan hari jadi Kota Madiun ke-101.

Ribuan orang yang telah menunggu di Alun-alun Madiun sejak pagi kemudian mengambil pecel pincuk yang telah disediakan di meja-meja. Mereka menikmati sajian makanan khas itu dengan penuh hikmat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Yang unik, ribuan porsi pecel pincuk itu diracik dan disajikan oleh 101 pedagang pecel di Kota Madiun. Angka 101 merupakan usia Kota Madiun pada 2019 ini. Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan pada hari jadi Kota Madiun ke-101, pemkot hadir untuk seluruh masyarakat. HUT Kota Madiun ini merupakan milik seluruh masyarakat Kota Madiun.

“Seluruh masyarakat Kota Madiun bergembira bersama. Harapannya setelah acara ini masyarakat Kota Madiun lebih bersemangat menjalani hidup,” kata Maidi.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada Festival Pincuk 2019, ada 1.200 porsi pecel pincuk yang dihidangkan secara gratis kepada masyarakat. “Silakan dinikmati pecel pincuknya,” kata Wali Kota.

Tidak hanya menyajikan pecel pincuk gratis, lanjut Maidi, Pemkot Madiun juga menyediakan wedang tape kambang. Wedang ini merupakan minuman khas Madiun yang selama ini kurang populer dan kini sengaja diangkat supaya lebih dikenal masyarat.

“Wedang tape kambang ini adalah minuman khas Kota Madiun yang bersandingan dengan pecel. Kita angkat lagi supaya lebih dikenal masyarakat,” jelas dia.

Acara Festival Pecel Pincuk ini juga disemarakkan dengan kehadiran sejumlah artis ibu kota seperti Trio Macan, Via Vallen, dan lainnya.

Charismatic Night Carnival 2019

Peserta Charismatic Night Carnival 2019 di Jl Pahlawan, Kota Madiun, Jumat (21/6/2019) malam. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Sebelum kegiatan Festival Pecel Pincuk digelar, pada Jumat (21/6/2019) malam, Pemkot Madiun juga menyelenggarakan Charismatic Night Carnifal (CNC) 2019. Festival yang digelar dari Jl. Pahlawan hingga Jl. Agus Salim itu menarik perhatian ribuan warga yang memadati sepanjang rute karnaval.

Peserta CNC 2019 terbagi dalam 55 kelompok yang terdiri atas ratusan penari. Tema karnaval tahun ini adalah Harmoni Nusantara dengan menampilkan beragam kesenian daerah.

Wali Kota pun mengapresiasi atas kemeriahan acara CNC 2019. Menurutnya, CNC merupakan cara pemkot memberikan perhatian kepada para talenta muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

“CNC ini bisa menjadi cara untuk mempromosikan daerah dengan kegiatan yang menarik. Sehingga banyak warga dari luar daerah yang datang ke Madiun,” kata Maidi. (Advertorial)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya