Ada 1.200 Pecel Pincuk di HUT ke-101 Kota Madiun

Ribuan warga Kota Madiun menyantap bersama sajian makanan khas pecel dalam Festival Pecel Pincuk di alun-alun setempat, Sabtu (22/6/2019) pagi. Penyelenggara menyediakan 1.200 porsi pecel pincuk dalam festival untuk merayakan hari jadi Kota Madiun ke-101 tahun.

Ada 1.200 Pecel Pincuk di HUT ke-101 Kota Madiun

SOLOPOS.COM - Festival Pecel Pincuk memperingati HUT ke-101 Kota Madiun di Alun-alun Kota Madiun, Sabtu (22/6/2019). (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Ribuan warga Kota Madiun menyantap bersama sajian makanan khas pecel dalam Festival Pecel Pincuk di alun-alun setempat, Sabtu (22/6/2019) pagi. Penyelenggara menyediakan 1.200 porsi pecel pincuk dalam festival untuk merayakan hari jadi Kota Madiun ke-101.

Ribuan orang yang telah menunggu di Alun-alun Madiun sejak pagi kemudian mengambil pecel pincuk yang telah disediakan di meja-meja. Mereka menikmati sajian makanan khas itu dengan penuh hikmat.

Yang unik, ribuan porsi pecel pincuk itu diracik dan disajikan oleh 101 pedagang pecel di Kota Madiun. Angka 101 merupakan usia Kota Madiun pada 2019 ini. Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan pada hari jadi Kota Madiun ke-101, pemkot hadir untuk seluruh masyarakat. HUT Kota Madiun ini merupakan milik seluruh masyarakat Kota Madiun.

“Seluruh masyarakat Kota Madiun bergembira bersama. Harapannya setelah acara ini masyarakat Kota Madiun lebih bersemangat menjalani hidup,” kata Maidi.

Pada Festival Pincuk 2019, ada 1.200 porsi pecel pincuk yang dihidangkan secara gratis kepada masyarakat. “Silakan dinikmati pecel pincuknya,” kata Wali Kota.

Tidak hanya menyajikan pecel pincuk gratis, lanjut Maidi, Pemkot Madiun juga menyediakan wedang tape kambang. Wedang ini merupakan minuman khas Madiun yang selama ini kurang populer dan kini sengaja diangkat supaya lebih dikenal masyarat.

“Wedang tape kambang ini adalah minuman khas Kota Madiun yang bersandingan dengan pecel. Kita angkat lagi supaya lebih dikenal masyarakat,” jelas dia.

Acara Festival Pecel Pincuk ini juga disemarakkan dengan kehadiran sejumlah artis ibu kota seperti Trio Macan, Via Vallen, dan lainnya.

Charismatic Night Carnival 2019

Peserta Charismatic Night Carnival 2019 di Jl Pahlawan, Kota Madiun, Jumat (21/6/2019) malam. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Sebelum kegiatan Festival Pecel Pincuk digelar, pada Jumat (21/6/2019) malam, Pemkot Madiun juga menyelenggarakan Charismatic Night Carnifal (CNC) 2019. Festival yang digelar dari Jl. Pahlawan hingga Jl. Agus Salim itu menarik perhatian ribuan warga yang memadati sepanjang rute karnaval.

Peserta CNC 2019 terbagi dalam 55 kelompok yang terdiri atas ratusan penari. Tema karnaval tahun ini adalah Harmoni Nusantara dengan menampilkan beragam kesenian daerah.

Wali Kota pun mengapresiasi atas kemeriahan acara CNC 2019. Menurutnya, CNC merupakan cara pemkot memberikan perhatian kepada para talenta muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

“CNC ini bisa menjadi cara untuk mempromosikan daerah dengan kegiatan yang menarik. Sehingga banyak warga dari luar daerah yang datang ke Madiun,” kata Maidi. (Advertorial)

Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh, Satu Keluarga Terpapar Covid-19 di Karangwaru Kota Jogja

Satu keluarga yang positif terpapar Covid-19 tersebut warga luar daerah, datang ke Kota Jogja untuk melakukan pengobatan terhadap ibunya.

Sabar Ya… Vaksinasi Covid-19 Booster untuk Nakes Belum sampai Solo

Hingga saat ini Pemkot Solo belum mendapatkan kejelasan mengenai program vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster bagi para nakes.

Demo Tuntut Pemotongan UKT Di IAIN Madura Berakhir Rusuh

Para mahasiswa yang berdemo melakukan perusakan aula gedung rektorat IAIN Madura di Pamekasan dan membakar pos satpam, Jumat (30/07/2021).

PDIP Beri Catatan Pemerintah Jokowi Soal Penanganan Covid-19

DPP PDI Perjuangan atau PDIP menyampaikan sejumlah catatan terkait penanganan Covid-19 kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Parah! Seorang Kakek di Lamongan Nekat Memperkosa Nenek

Aksi bejat dilakukan seorang kakek 70 tahun di Lamongan yang nekat memperkosa seorang nenek berusia 75 tahun. Aksinya dipergoki anak korban.

Ini 4 Pertimbangan Galang Karier Baru Kala Covid-19

Memulai karier baru atau beralih karier di tengah pandemi Covid-19 butuh pertimbangan yang matang sesuai keadaan dan kenyataan yang ada.

Wes Angel! Warga Positif Berkeliaran, Satu Kampung Tertular Covid-19

Salah seorang warga di Donokerto yang positif Covid-19 berkeliaran. Akibatnya, 46 warga pun terpapar virus corona atau Covid-19.

Risma Tegaskan akan Cek Jumlah Bansos Utuh sampai ke Penerima

Tri Rismaharini menyatakan akan bersikap tegas untuk memastikan tidak ada satu pihak pun yang memanfaatkan penyaluran bantuan untuk kepentingan di luar kepentingan penerima manfaat.

Luhut Bantah TKA China di Indonesia Capai Jutaan Orang

Luhut Binsar Pandjaitan membantah informasi yang menyebut jumlah tenaga kerja asing atau TKA China di Indonesia jutaan orang.

Tak Bisa Jualan Selama PPKM Darurat, PKL Alun-Alun Klaten Kehabisan Modal

Belum semua PKL Alun-Alun Klaten mulai berjualan kembali setelah kawasan itu dibuka per Senin (26/7/2021) karena kehabisan modal.

Baznas Jateng Salurkan 60 Ton Oksigen ke 10 RS Rujukan Covid-19

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah (Jateng) turut berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Jateng dengan membantu oksigen.

Stok Vaksin Menipis, Pelayanan Vaksinisasi Semarang Ditutup

Kota Semarang terpaksa menutup pelayanan vaksinisasi Covid-19 karena menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi stok vaksin menipis.