Acungkan Kartu Kuning ke Jokowi, Mahasiswa UI "Dikartu Merah" Paspampres

Acungkan Kartu Kuning ke Jokowi, Mahasiswa UI

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menristekdikti M. Nasir (kiri) dan Rektor UI Muhammad Anis (kanan) meninggalkan ruangan seusai memberikan sambutan pada sidang terbuka Dies Natalis UI ke-68 di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jumat (2/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Seorang mahasiswa UI mengacungkan kartu kuning ke Presiden Jokowi saat berpidato di Balairung Kampus UI Depok.

Solopos.com, JAKARTA -- Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018), diwarnai aksi seorang hadirin yang merupakan mahasiswa. Berdasar informasi yang beredar, mahasiswa yang mengacungkan kartu kuning tersebut adalah Ketua BEM UI? 2018, Zaadit Taqwa.

Mirip wasit di lapangan sepak bola, mahasiswa itu mengacungkan kartu kuning kepada Presiden Jokowi di Balairung Kampus Universitas Indonesia, Depok. Aksi mahasiswa tersebut sempat terekam dalam sebuah video yang telah diunggah ke YouTube.

Pemuda itu mengangkat lembaran kuning berukuran lebih besar daripada kartu kuning wasit sepakbola di hadapan Presiden. Presiden sendiri tampak berdiri di panggung.

Pemuda berbatik lengan panjang itu kemudian dihampiri Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang memang selalu berjaga ke manapun Presiden pergi. Seorang anggota Paspampres tampak menghadang pemuda itu dan mendorong secara pelan pemuda itu untuk mundur dari barisan hadirin.

Namun, sang mahasiswa tampak terus mengacungkan lembaran kuning ke panggung tempat Presiden berdiri. Sampai laporan ini ditulis pukul 11.00 pada Jumat (2/2/2018) belum dapat diketahui secara pasti maksud pemuda itu melakukan aksi simbolik tersebut.

Presiden datang ke kampus UI untuk menghadiri acara Dies Natalis ke-68 UI sekitar pukul 09.00 WIB, pada Jumat (2/2/2018). Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapta Prabowo saat dikonfirmasi mengatakan Jokowi tidak tersinggung atas pemberian kartu kuning oleh mahasiswa tersebut.

Menurutnya, Kepala Negara telah dijadwalkan menerima pengurus BEM UI tersebut selepas menghadiri acara Dies Natalis ke-68 UI dan Peresmian Forum Kebangsaan UI? di Balairung kampus UI.

"Atas aksi ini Presiden biasa saja, tidak tersinggung. Soalnya dari awal memang sudah ada agenda Presiden ketemu BEM UI itu setelah acara. Tapi acara itu batal karena aksi tersebut," kata Johan.

?Mantan Jubir KPK ini mengaku tahu apa maksud dan tujuan mahasiswa itu memberikan 'kartu kuning' kepala Jokowi. Menurutnya kartu kuning itu berasal dari buku paduan suara yang dikeluaran oleh UNI.

?"Tidak tahu, tiba-tiba saat acara di dalam ada mahasiswa yang mengacungkan buku berwarna kuning. Dari penjelasan yang ada, itu buku isinya lagu-lagu," ujar dia.

Seusai peristiwa itu, sang mahasiswa dihampiri Paspampres dan disingkirkan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

Ini Kriteria Botol Air Minum Kemasan yang Aman dan Sehat

Sebagai pembeli kita harus jeli memperhatikan kualitas botol air minum kemasan.

Zona Merah dan Oranye Dilarang Gelar Salat Id Berjemaah, Ini 12 Daerah Zona Merah di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan setiap kegiatan ibadah seperti salat tarawih, salat id, zakat, khutbah, dan iktikaf dilarang digelar di zona merah dan zona oranye.

Seorang TKW asal Bantul Meninggal di Taiwan, Disnakertrans Upayakan Pemulangan Jenazah

Disnakertrans Bantul berupaya memulangkan jenazah TKW yang meninggal di Taiwan.

2 Anak Terpapar Covid-19, Kasus Klaster Tarawih di Sambirejo Sragen Bertambah Menjadi 23 Orang

Dua orang anak di lingkungan klaster tarawih Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Walah, 3 Perusahaan Di Klaten Ketahuan Bayar THR Berdasar Gaji Tahun Lalu

Tiga perusahaan di Klaten disurati Disperinaker lantaran membayar tunjangan hari raya atau THR karyawannya berdasarkan UMK tahun lalu.

Vaksinasi Covid-19 di Kudus Baru Mencapai 41,1%

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kudus, hingga kini baru mencapai 52.273 sasaran atau 41,10 persen.