SOLOPOS.COM - ACT menyisir wilayah terdampak tsunami di Banten (Istimewa-ACT Indonesia)

Solopos.com, PANDEGLANG – Korban meninggal akibat tsunami di pesisir Pantai Pandeglang terus bertambah. Hingga Minggu (23/12/2018) pukul 11.35 WIB, setidaknya sudah ada 126 jenazah yang dievakuasi oleh regu penyelamat gabungan, termasuk Tim Emergency Response Aksi Cepat tanggap (ACT).

Menurut laporan Dedi dari Tim Emergency Response ACT yang berada di lokasi, seluruh korban meninggal dunia ditampung di Puskesmas Carita yang terletak di Jalan Raya Carita-Labuan, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. “Ini untuk titik Pandeglang Utara, penanganan evakuasi dipusatkan di Puskesmas Carita. Tim akan terus melakukan evakuasi karena dapat kabar masih banyak warga yang terdampar di pesisir pantai,” ungkap Dedi, Minggu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, korban luka tercatat sudah mencapai 624 jiwa. Data tersebut diambil dari 11 kecamatan di Pandeglang, di antaranya Carita, Panimbang, Cigeulis, Sumur, Labuan, Menes, Cibaliung, Jiput, Cimanggu, Pagelaran, dan Bojong.

Tsunami yang menerjang Pandeglang pada Sabtu (22/12/2018) malam, juga mengakibatkan lebih dari 400 rumah rusak dan ratusan mobil, motor, dan kapal nelayan rusak berat.

Pada fase tanggap darurat, ACT akan fokus menurunkan tim evakuasi dan medis. Hal ini mengingat korban yang mengalami luka-luka cukup banyak. Baik korban meninggal maupun luka-luka diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah.

Sementara Dedi juga mengungkapkan, kondisi di Puskesmas Carita masih belum kondusif. Tak hanya aktivitas tim evakuasi dan medis yang terlihat, banyak warga yang kehilangan keluarganya juga berkumpul untuk melapor.

“Kebanyakan korban yang berhasil dievakuasi ataupun yang masih dalam laporan adalah pengunjung pantai. Mungkin ada beberapa warga, cuma masih belum bisa dipastikan,” jelas Dedi sebagaimana rilis yang diterima Solopos.com.

Sampai laporan ini diunggah, Dedi mengabarkan dirinya sempat membantu warga karena ada peringatan sirine yang menunjukkan akan terjadi lagi tsunami. “Warga langsung panik, tim sempat membantu untuk evakuasi mereka. Kami membawa mereka ke tempat yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Septi Endrasmoro selaku Kepala cabang ACT Solo menuturkan bahwa ACT Solo akan memberikan kontribusi untuk korban tsunami dengan terus memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan update kondisi di lokasi tsunami dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan memberikan bantuan yang akan disalurkan ke korban tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya