SOLOPOS.COM - Achsanul Qosasi (JIBI/Harian Jogja/actual.co)

Achsanul Qosasi (JIBI/Harian Jogja/actual.co)

JAKARTA—Beredarnya inisial enam anggota DPR yang disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan Rabu (7/11/2012) ke Badan Kehormatan (BK) DPR membuat ketar-ketir para pemilik inisial nama.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Salah satu yang terlihat khawatir adalah AQ. Konon, AQ ini disebut-sebut dari Partai Demokrat. Sementara, sejumlah nama anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR, nama yang cocok dengan inisial itu adalah Achsanul Qosasi, Wakil Ketua Komisi XI.

Menanggapi adanya tuduhan itu Achsanul mengaku dirinya tidak pernah melakukan pemerasan kepada pihak BUMN. Ia juga menyayangkan cara yang digunakan Dahlan dengan mengumbar dan menyebutkan nama-nama yang dilaporkan sebagai pemeras BUMN.

“Caranya yang kurang baik. Istilah Pemerasan itu menggegerkan uluhati anggota DPR, yang sekarang bersiap untuk bertarung di dapilnya masing-masing, termasuk saya. Tidak pernah saya memeras,” kata Achsanul, di Jakarta, Minggu (11/11).

Dia menegaskan, dalam kasus seperti itu Menteri BUMN tidak bisa serta merta menyudutkan dan menyalahkan anggota DPR dan DPR secara keseluruhan.

Harusnya, lanjut Achsanul, intropeksi diri oleh internal BUMN harus juga dilakukan. Menurutnya, tindakan Dahlan telah merendahkan martabat seseorang sebagai pejabat rakyat.

“Tentunya para direksi BUMN juga harus introspeksi, jgn mudah melemparkan tuduhan dan merusak martabat lembaga negara atau pejabat negara yang juga memiliki harga diri di mata rakyat,” tegasnya.

Untuk itu dia juga mengaku akan introspeksi diri dengan kejadian itu. Lebih lanjut dia tetap meminta Dahlan untuk membuktikan segala tuduhannya. Karena saat ini kata Achsanul, vonis pengadilan rakyat sudah jatuh menimpa dirinya dan teman-teman DPR. “Mudah-mudahan gerakan saling hujat ini segera berhenti. Dan juga tuduhan harus disertai bukti,” jelasnya.

Sebelumnya beredar inisial 6 nama yang sudah dilaporkan Dahlan Iskan pada tahap 2. 6 nama tersebut yakni, AQ, LM, ATP (Partai Demokrat), MIEQ (Partai Amanat Nasional), IGARW (PDI Perjuangan), dan Z (Partai Keadilan Sejahtera).

Berdasarkan penelusuran didapatkan nama dari inisial itu yakni, AQ (Achsanul Qosasi, LM (Linda Megawati), ATP (A.P.A. Timo Pangerang), MIEQ (M Ichlas El Qudsi), IGARW (I Gusti Agung Ray Wijaya), dan Z (Zulkieflimansyah). Sebagian besar mereka menduduki Komisi XI DPR, yang membidangi keuangan dan perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya