Tutup Iklan
Achmad Purnomo Mundur Jadi Alasan Pengurus PDIP Pajang Solo Beralih Dukung Gibran
Kristianto, Ketua Ranting PDIP Pajang, Laweyan, Solo. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Pengurus Ranting PDIP Pajang, Laweyan, Solo, sepakat beralih dukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota di Pilkada 2020.

Pernyataan mundur Achmad Purnomo sebagai cawali pada April lalu menjadi alasan pengurus di tingkat ranting itu mengalihkan dukungan.

Ketua Ranting PDIP Pajang, Kristianto, saat ditemui Solopos.com di Pajang, Kamis (2/7/2020), mengakui awalnya berkomitmen menunggu rekomendasi dari DPP PDIP. Rekomendasi itu hingga kini belum keluar.

Kasus Baru! Perempuan Lansia Purwosari Jadi Pasien Positif Covid-19 Ke-43 di Solo

“Awalnya kami berkomitmen menunggu rekomendasi [dari DPP PDIP]. Tapi karena ada pernyataan mundur Pak Purnomo, kami mendeklarasikan dukung Gibran sebagai cawali di Pilkada Solo,” tutur Ketua Ranting PDIP Pajang, Kristianto.

Kristianto mengklaim sikap itu didukung 16 anak ranting, sembilan pengurus ranting dan 27 satgas PDIP. Deklarasi dukungan untuk Gibran juga sudah dilakukan pada April lalu.

Deklarasi itu dihadiri Gibran Rakabuming Raka. Namun Kristianto menegaskan Gibran hadir saat deklarasi karena diundang. "Deklarasi ini bukan atas permintaan Gibran tapi keputusan kami sendiri," jelas Kristianto.

Rampas Nintendo Hingga Tercebur Kali, Begini Kronologi Aksi Maling di Laweyan Solo

Achmad Purnomo yang diusulkan DPC PDIP Solo sebagai cawali berpasangan dengan Teguh Prakoso menyatakan mundur dari pencalonan, 24 April 2020.

Pertimbangan Kemanusiaan

Ini artinya deklarasi pengurus ranting PDIP Pajang, Solo, dukung Gibran dilakukan pada bulan yang sama dengan pernyataan mundurnya Purnomo.

Saat itu, Purnomo menyatakan alasannya mundur murni karena pertimbangan kemanusiaan dan hati. Dia tidak setuju apabila Pilkada digelar di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Pengin Dampingi Gibran di Pilkada Solo 2020, Wanita Cantik Ini Terus Blusukan

Purnomo menyampaikan pengunduran dirinya lewat surat resmi ke DPC PDIP Solo. Namun, DPC PDIP Solo secara bulat menolak permohonan pengunduran diri Purnomo sebagai cawali.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat konsolidasi dan koordinasi DPC PDIP yang digelar pada Sabtu (6/6/2020). Rapat dipimpin Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

Selain pengurus ranting PDIP Pajang, Solo, puluhan pengurus dan kader PDIP Solo yang mengatasnamakan Komunitas Pejuang Demokrasi PDIP Solo juga mendeklarasikan dukung Gibran.

Khawatir Lukai Orang, Warga Wonogiri Ini Amankan Puluhan Meter Benang Layangan di Jalan

Hal itu disampaikan Ariyanto Rinto Suryono, juru bicara para kader PDIP Solo saat jumpa pers di Solo, Jumat (26/6/2020).

“Kami siap mengamankan dan memenangkan cawali-cawawali Solo yang direkomendasikan DPP PDIP. Surat pernyataan sikap kami ini akan kami sampaikan kepada DPC PDIP Solo, DPD PDIP Jawa Tengah, dan DPP PDIP di Jakarta,” tutur dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho