SOLOPOS.COM - Collen Atwood desainer Fantastic Beasts (Vogue.com)

Desainer Fantastic Beasts yang memenangi piala Oscar 2017 mengaku terinspirasi dari budaya Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Colleen Atwood memenangi kategori desain kostum terbaik dalam gelaran Academy Awards 2017, Senin (27/2/2017), pagi waktu Indonesia. Ia berhasil meraih piala Oscar keempat berkat karyanya dalam di film Fantastic Beasts and Where to Find Them.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atwood tampak terkejut saat namanya dipanggil sebagai pemenang di ajang bergengsi dunia itu. Menurutnya, kerja kerasnya selama ini terbayar dengan piala tersebut. Ini merupakan kali ke-12 karyanya dimasukkan dalam nominasi Oscar.

Ekspedisi Mudik 2024

“Aku sangat senang dan bangga. Aku tidak menyangka bisa mendapat piala ini. Terima kasih untuk semua orang yang telah mendukungku. Tidak ada hal lain yang bisa aku katakan untuk mengungkapkan kebahagiaan ini selain terima kasih,” tutur Atwood seperti dilansir Vogue.

Menurut Atwood, busana yang dirancang dalam film tersebut terinspirasi dari sejumlah budaya dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Dalam film tersebut, ia dibantu beberapa orang dari timnya membuat kostum bergaya vintage untuk mewakili latar cerita kehidupan di Kota New York pada era 1920.

Unsur budaya Indonesia itu dilekatkan Atwood pada busana Carmen Ego yang berperan sebagai Seraphina Picquery, pemimpin kongres sihir di Amerika Serikat. Saat itu, Carmen tampil mengenakan busana penyihir berwarna hitam lengkap dengan mahkota berwarna keemasan yang kerap dipakai oleh raja-raja di Nusantara zaman dahulu.

Mahkota rancangan Collen Atwood yang terinspirasi dari budaya Indonesia (Pinterest)

Mahkota rancangan Collen Atwood yang terinspirasi dari budaya Indonesia (Pinterest)

Ini bukan kali pertama Atwood membuat busana yang terinspirasi dari budaya Indonesia. Sebelumnya, ia juga pernah membuat kostum untuk tokoh Alice dalam film Alice and Wonderland yang terinspirasi dari kostum penari tradisional Bali.

“Indonesia memiliki beragam unsur kebudayaan yang unik dan menarik. Beberapa waktu lalu, saya pernah mengunjungi Indonesia dan dibuat terpana melihat keindahan budaya di sana. Saya membeli beberapa jenis kain dan perhiasan tradisional dari sana. Dan siapa sangka ternyata benda-benda itu menjadi salah satu inspirasi untuk membuat beberapa busana,” tutur Atwood seperti dikabarkan LA Times, Minggu (26/2/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya