SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Banyak kalangan yang mendesak pemerintah menghentikan sementara (moratorium) pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Arab Saudi, menyusul eksekusi mati Pemerintah Saudi terhadap seorang TKI, Ruyati, Sabtu pekan lalu. Termasuk dari kalangan Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, di sisi lain, ada pula yang tidak setuju kasus tersebut harus dijawab Pemerintah Indonesia dengan moratorium pengiriman TKI. Salah satunya adalah Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. Menurut Ical moratorium bukanlah solusi tepat untuk menanggapi kasus Ruyati.

Ical tidak sepakat dengan usulan moratorium lantaran kebijakan itu akan berimbas pada penyediaan lapangan kerja. Karena itu, Ical mengatakan, pemerintah harus secara dingin memikirkan tentang upaya memberikan perlindungan kepada seluruh TKI di satu sisi, dan menyediakan lapangan kerja di sisi lainnya. Hal lainnya adalah pemahaman terhadap undang-undang yang berlaku di negara tempat TKI dikirim. Terakhir, Ical menyoroti pentingnya peran diplomasi pemerintah. Menurut dia, hubungan diplomatik dengan Pemerintah Saudi harus terus dijalin. [tempo/lia]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya