SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengatakan, pembentukan Sekretariat Gabungan bukan untuk menyeragamkan seluruh partai politik anggota koalisi pendukung pemerintah.

“Setgab (Sekretariat Gabungan) merupakan wujud reorganisasi dari forum koalisi partai politik,” kata Aburizal Bakrie saat menyampaikan pidato politiknya pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Legislator Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (5/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikatakannya, pembentukan Setgab didasarkan pada pemikiran bahwa posisi Indonesia ke depan akan semakin sulit jika tidak dilakukan program pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Ekspedisi Mudik 2024

Pembentukan Setgab, lanjut Aburizal yang biasa disapa Ical itu, agar program pembangunan yang merupakan kebijakan pemerintah bisa berjalan efektif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat maka diperlukan dukungan yang kuat kepada pemerintah.

“Dukungan tersebut diwujudkan dalam koalisi partai-partai politik pendukung pemerintah,” kata Ical yang juga Ketua Harian Setgab.

Pembentukan koalisi partai itu, katanya, guna memobilisasi kekuatan bersama di partai dan parlemen untuk mendukung kebijakan pemerintah.

Dukungan atau masukan yang diberikan partai politik anggota koalisi tidak hanya dilakukan pada saat terjadi masalah tapi dilakukan secara rutin, karena itu diperlukan lembaga baru sehingga dibentuk Setgab.

Bagi Partai Golkar, kata Ical, dengan adanya Setgab ini terjadi akses informasi dua arah, di satu sisi parpol memberikan masukan kepada pemerintah dan di sisi lain mendapat informasi lebih awal soal rencana kebijakan yang akan dibuat oleh pemerintah.

“Partai anggota koalisi masih memiliki jati dirinya masing-masing tidak ada penyeragaman kepentingan,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya