SOLOPOS.COM - Solo terdampak abu vulkanis Gunug Merapi, Selasa (3/3/2020). (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Erupsi Gunung Merapi pagi tadi mengakibatkan hujan abu di seluruh kecamatan di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020) sejak pukul 08.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk memakai masker, kacamata, dan memperbanyak minum air putih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Solo, Muhammad Yusron, saat dijumpai di sela-sela kegiatannya, Selasa.

Geramnya Dokter Tirta Lihat Reporter TV Pakai Respirator Saat Live

Ia menjelaskan beberapa saat seusai menerima laporan hujan abu diprediksi mengarah ke Kota Solo, BPBD bersiap membagikan 2.000an masker sebagai upaya pencegahan.

BPBD Solo juga berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah untuk segera membantu menyediakan persedian masker di wilayah terdampak.

“Sekitar pukul 09.00 WIB tadi kami sudah membagikan 2.000an masker di simpang tiga Sriwedari hanya 10 menit persediaan kami habis. Mungkin karena masker saat ini cukup langka di pasaran dan harganya cukup mahal. Sementara, pukul 11.00 WIB hujan abu sudah cukup reda kami memantau dengan patroli dahulu lokasi-lokasi paling terdampak,” ujarnya mewakili Kepala Pelaksana Harian BPBD Solo, Eko Prajudhy Noor Aly.

Ini Foto-Foto Dampak Hujan Abu Gunung Merapi di Soloraya

Yusron mengatakan dampak hujan abu letusan Gunung Kelud beberapa tahun lalu memang lebih besar dibandingkan dampak erupsi Merapi ini.

Namun, saat ini mayoritas kondisi ruas jalan di Kota Solo juga hampir seluruhnya tertutup abu. Sehingga, hal itu cukup rawan menimbulkan kecelakaan khususnya bagi pengendara roda dua.

Ia menyebut akan berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo untuk membersihkan abu di ruas jalan terdampak.

Pedagang Asongan: Masker Selembar Rp10.000, Alhamdulillah Laris

Sementara itu, petugas lapangan Satpol PP Solo, Agus Setyawan, saat dijumpai wartawan, mengatakan petugas Satpol PP terbagi dalam tiga tim berpatroli di seluruh wilayah Kota Solo.

Menurutnya, hampir seluruh Kota Solo terdampak hujan abu. Sementara itu, meski hujan abu petugas sepeda Satpol PP tetap berpatroli rutin seperti biasa khususnya memantau bantaran sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya