Abu Janda Jadi Tumbal Uji Coba Vaksin Covid-19
Hoax Abu Janda diminta jadi relawan vaksin Covid-19 China. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Permadi Arya atau yang populer dikenal sebagai Abu Janda Al-Boliwudi menjadi korban hoax. Beredar informasi Abu Janda menjadi "tumbal" relawan uji vaksin Covid-19 buatan China.

Hoax ini dimuat sejumlah akun Instagram termasuk Kaum Pribumi yang diunggah 29 Juli 2020. Akun ini mengunggah gambar yang mencatut tokoh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan situs berita Viva.co.id.

"RK Ajak ABU JANDA Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19 Buatan China" tulis gambar tersebut. Beberapa akun mengunggah dengan kata-kata kasar, salah satunya menyebut Abu Janda sebagai tumbal.

Cek Fakta: [Hoaks] Kaesang Calon Wali Kota Solo: Daging Babi Enak

Cek Fakta

Saat ditelusuri tim Cek Fakta Solopos.com, gambar yang diunggah adalah hasil rekayasa dari berita yang diunggah situs Viva.co.id. Gambar tangkapan layar tersebut hasil suntingan dari pemberitaan yang berjudul "Ridwan Kamil Ajak Warga Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19 Buatan China" di situs Viva.co.id yang dimuat pada 29 Juli 2020.

Viva menulis, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak warga Jawa Barat, untuk berperan aktif dan bersedia menjadi relawan uji klinis fase ketiga vaksin Covid-19 buatan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac Biotech, yang dikerjasamakan dengan Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Head of Corporate Communication Bio Farma, Iwan Setiawan, menjelaskan bahwa jumlah relawan yang dibutuhkan untuk uji coba dipastikan sudah mewakili seluruh karakter dan populasi warga Indonesia.

Vaksin dari Tiongkok tiba di Indonesia dan melalui satu tahap, yaitu uji klinis fase tiga. Penelitian pada tahap ini diupayakan memastikan tingkat efektivitas kinerja virus meningkatkan kualitas pertahanan tubuh dari paparan virus corona. "Jadi, untuk efek samping dan lain sebagainya sudah terlewati," katanya.

Cek Fakta: Benarkah PDIP Solo Makzulkan Gibran Putra Jokowi?

Kesimpulan

Klaim Abu Janda atau Permadi Arya diajak menjadi relawan uji vaksin Covid-19 buatan China adalah hoaks. Klaim ini berasal dari manipulasi atau konten yang diterbitkan Viva.co.id.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom