SOLOPOS.COM - Abu Bakar Ba'asyir (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha).

Abu Bakar Ba’asyir (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

CILACAP — Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir, segera mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung terkait dengan putusan kasasi.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Saat ini, PK sedang disusun oleh kuasa hukum Ustaz Abu. Pada kasasi divonis 15 tahun, upaya terakhir ini PK yang sedang disusun,” kata anggota Tim Pembela Muslim (TPM), Hasyim, di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Senin (31/12/2012).

Hasyim mengatakan hal itu seusai membesuk Abu Bakar Ba’asyir yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap.

Selain mengajukan PK, kata dia, TPM juga sedang mengupayakan pemindahan Ba’asyir ke lapas terdekat dengan kediaman pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki ini.

Sebelum dipindahkan dari Rumah Tahanan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri ke Lapas Batu, lanjut dia, Koordinator TPM Achmad Michdan sejak awal sebenarnya mengharapkan Ba’syir dapat dipindah ke Solo agar lebih dekat dengan keluarga.

Menurut dia, saat itu Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memberikan sinyal positif atas keinginan tersebut.

“Belakangan dipindah ke sini (Lapas Batu, red.). Namun, nanti akan diupayakan lagi untuk pemindahan, kalau nggak salah Klaten, karena Solo adanya rutan (rumah tahanan negara), Klaten itu lapas kelas II kalau nggak salah. Ini sedang diperjuangkan,” katanya.

Kendati demikian, Hasyim mengatakan bahwa Ba’asyir justru merasa kerasan tinggal di Lapas Batu karena udaranya segar dan pelayanannya bagus.

Menurut dia, TPM masih berupaya memperjuangkan proses pemindahaan Ba’asyir jika masih memungkinkan untuk dipindah termasuk memperjuangkan PK ke Mahkamah Agung.

Disinggung mengenai kondisi Ba’asyir, dia mengatakan, pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki ini dalam keadaan sehat. Bahkan, kata dia, puluhan santri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki pada hari Sabtu (29/12/2012) berkesempatan membesuk Ba’asyir dengan didampingi Koordinator TPM Achmad Michan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya