SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Anak Buah Kapal (ABK) dari Indonesia ternyata diminati Pengusaha Belanda. Sebab, di negara Kincir Angin,  sebagian besar warga negara  tidak bersedia bekerja menjadi ABK.

Salah seorang pengusaha Belanda Meck Karel (72), belum lama ini bahkan melakukan penjajakan kerjasama dengan Akademi Maritim Pembangunan (AMP) Jakarta.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Kasi Koleksi dan Perawatan (Koper) UPT Mesium Bahari M Isa Ansyari di Jakarta, Selasa mengatakan, pengusaha asal Belanda itu awalnya berkunjung ke Mesium Bahari, karena dia pernah ke daerah itu pada zaman penjajahan Jepang dan kebetulan lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dia mengatakan, dari penuturan Meck Karel, tenaga kerja di Belanda saat ini sebagian besar tidak mau menjadi ABK, sehingga membuat pengusaha Belanda itu tertarik untuk mengambil tenaga dari Indonesia menjadi ABK di negaranya.

Sebelum dijadikan ABK profesional, warga Indonesia  akan dilatih sampai mahir untuk mengoperasi kapal moderen, baik pada usaha bisnis umum maupun penangkap ikan.(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya