Abdi Dalem Pura Mangkunegaran Solo Mulai Bersiap, MN X Segera Jumeneng?

Para abdi dalem Pura Mangkunegaran Solo mulai melakukan sejuumlah persiapan untuk ritual jumenengan, salah satunya memilih penari Bedhaya Anglir Mendung.

 Pura Mangkunegaran Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Pura Mangkunegaran Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Meski belum ada kepastian kapan jumenengan atau upacara kenaikan takhta KGPAA Mangkunagoro (MN) X akan dilaksanakan, para abdi dalem Pura Mangkunegaran Solo sudah melakukan sejumlah persiapan.

Persiapan yang dimaksud yakni menyegerakan finishing renovasi Pura Mangkunegaran. Kemudian menyiapkan sajian beksan untuk jumenengan. Para abdi dalem juga sudah mulai melakukan latihan tari tiap Rabu.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Hal itu diungkapkan Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (18/1/2022). Lilik mengaku belum tahu kapan jumenengan itu akan digelar.

Baca Juga; Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

Kendati demikian, para abdi dalem sudah melakukan sejumlah persiapan. Jika diminta kapan pun jumenengan, mereka siap menjadi tim panitia. Seperti diketahui ada sejumlah ritual wajib yang harus dilakukan saat upacara jumenengan pemimpin Mangkunegaran.

pura mangkunegaran solo
Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat. (Solopos/Ika Yuniati)

Salah satunya tarian khusus yakni Bedhaya Anglir Mendung. Ini merupakan tarian sakral yang tak bisa dipentaskan sembarang orang. Para abdi dalem mulai memilih siapa penari yang cocok untuk jumenengan nanti.

“Kalau kepanitiaan mesti nunggu penetapan. Nunggu beliau-beliau kasih kabar. Kalau persiapan tetap harus jalan. Ini [persiapan] diketahui oleh Prameswari,” terang Lilik.

Baca Juga: Suksesi Kepemimpinan Mangkunegaran Solo Diumumkan Pertengahan Januari?

Pengukuhan Sebelum April 2022

Lebih lanjut, Lilik mengatakan memang tak ada batas maksimal kapan jumenengan harus digelar. Namun, ia menekankan harus ada pengukuhan sebelum April 2022. Hal itu berkaitan dengan persyaratan administratif hibah pemerintah untuk Pura Mangkunegaran Solo.

Pada tahun anggaran baru ini proposal hibah harus sudah ditandatangani oleh pimpinan baru. “Saya mendorong agar segera dikukuhkan,” kata Lilik.

“Saya kira di zaman sekarang Pura Mangkunegaran memang harus ada regenerasi dari anak muda. Sebelumnya MN IX memang selalu mempersiapkan betul regenerasi anak-anaknya, enggak hanya Gusti Bhre,” tambahnya saat ditanya harapan pada pimpinan baru nanti.

Baca Juga: Permintaan Maaf Gibran & Keyakinan Suksesi Damai di Pura Mangkunegaran

Diberitakan sebelumnya, penentuan calon pemimpin baru Mangkunegaran Solo disebut sudah mengerucut kepada GPH Bhre Cakrahutomo sebagai calon KGPAA Mangkunagoro X.

“Sudah mengerucut ke Gusti Bhre. Saya tidak berani mengatakan setuju atau tidak. Bagi saya itu [mengiyakan atau tidak] tidak boleh kalau belum pasti. Karena lembaga kami ini, institusi ini, bekerja sesuai sistem adat. Kami memberi tahu kepada beliau-beliau ini loh adatnya seperti ini,” terangnya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (18/1/2022).

Bhre Cakrahutomo yang berusia 24 tahun merupakan putra kandung KGPAA Mangkunagoro IX dengan permaisurinya, GKP Prisca Marina Yogi Supardi. Selanjutnya tinggal menunggu musyawarah dengan melibatkan keluarga inti yakni sedherek dalem serta putra MN IX untuk memutuskan nama tersebut.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

+ PLUS Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

Masyarakat modern menjadikan kebun binatang sebagai media tontonan atau wahana hiburan. Namun, manusia juga pernah diberlakukan sebagai objek tontonan pengunjung layaknya hewan di kebun binatang.

Berita Terkini

Harga Jual Porang di Wonogiri Anjlok, Ini Alasannya

Harga jual porang di Kabupaten Wonogiri anjlok hingga Rp2.300/kg dari harga normal senilai Rp6.000-Rp7.000/kg.

Radius Jalur Zonasi PPDB SMA di Sukoharjo Kian Pendek, Ini Sebabnya

PPDB jalur zonasi menerapkan penghitungan koordinator rumah calon siswa baru dengan sekolah.

Pemkab Sragen Diminta Siap Hadapi Lonjakan Permohonan SKKH

Warga meminta Pemkab Sragen siap menghadapi lonjakan permintaan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) menjelang hari raya kurban.

Kabar Duka, Pendiri Yarsis Muhammad Djufrie Meninggal Dunia

Almarhum Muhammad Djufrie diketahui jatuh di rumah pada Jumat pagi.

Ironi SD Inklusi di Karanganyar Tak Punya Guru Inklusi, Ini Saran Pakar

Guru-guru di SD inklusi di Karanganyar diminta menerapkan konsep kurikulum akomodatif dalam pembelajaran di kelas yang terdapat anak berkebutuhan khusus (ABK).

Alhamdulillah, PPPK Karanganyar Terima 3 Gaji Sekaligus

Sebanyak 1.400-an pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Karanganyar yang baru diangkat Juni lalu menerima pembayaran tiga gaji sekaligus.

Sakjose! Bugisan Klaten Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Nasional

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, masuk daftar 50 besar desa wisata terbaik Indonesia.

Puluhan Model Meriahkan Pembukaan Solo Fashion Week 2022 di Mal Paragon

Puluhan model memeragakan busana untuk memeriahkan pembukaan event Solo Fashion Week 2022 di Solo Paragon Mall, Jumat (1/7/2022).

Demo di DPRD Sukoharjo, Warga Tuntut Izin Usaha Holywings Dicabut!

Aksi unjuk rasa terkait Holywings di DPRD Sukoharjo tersebut dijaga ketat aparat kepolisian dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo.

Warga Karanganyar Lebih Suka Alat Kontrasepsi Ini Ketimbang Kondom

Warga Karanganyar peserta aktif KB lebih suka menggunakan alat kontrasepsi suntik ketimbang jenis lain.

Kunjungi Desa Wisata Bugisan, Sandiaga Kepincut Ecoprint-Pring Sedapur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengunjungi Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Jumat (1/7/2022).

Wow! Butuh 2 Tahun Lho Membujuk Dream Theater Agar Mau Konser di Solo

Rajawali Indonesia mengaku butuh waktu sekitar dua tahun untuk membujuk Dream Theater agar mau menggelar konser di Solo pada 10 Agustus mendatang.

Tjahjo Kumolo Meninggal, Rudy Kenang Momen Cium Tangan Gegara TKPK

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku sangat berduka dan kehilangan sosok Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Belum Diterapkan di Jateng, Beli BBM Pakai MyPertamina di Sragen Bisa?

Jateng tidak masuk wilayah uji coba MyPertamina untuk pembelian BBM bersubsidi. Namun SPBU di Sragen sudah melayani pembelian BBM menggunakan MyPertamina.

Hari Terakhir PPDB, Pendaftar Menumpuk Di SMKN 8 Solo, Kenapa Ya?

Terjadi penumpukan jumlah pendaftar di SMKN 8 Solo pada hari terakhir pendaftaran PPDB jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2022/2023, Jumat (1/7/2022).

Sejoli Ngaku Mampir Mandi di Kamar Hotel Klaten Dikenakan Wajib Lapor

Tim gabungan menggelar razia di sejumlah hotel di Klaten, Kamis (30/6/2022).