SOLOPOS.COM - Suasana gedung DPRD Kota Jogja saat sejumlah PKL menyampaikan aspirasinya berkaitan dengan relokasi ke tempat baru yang sedianya bakal dilakukan dalam waktu dekat, Senin (17/1/2022). (Harianjogja.com/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA — Tekad Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro tampaknya sudah bulat. Tuntutan sejumlah paguyuban PKL di Malioboro agar relokasi ditunda setahun hingga tiga tahun ke depan tak digubris.

Pemprov DIY bersedia menunda relokasi jika hanya sehari dua hari. Lebih dari itu, tidak akan didengar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekda Pemprov DIY, Kadarmanta Baskara Aji, memastikan keputusan relokasi PKL Malioboro sudah bulat meski ada pihak yang tidak setuju. Pemindahan ribuan PKL ini tinggal menunggu hari.

Baca Juga: Belum Terima Direlokasi, Ibu-Ibu PKL Malioboro Datangi DPRD Kota Jogja

“Jalan terus, [kalau permintaan mundur] sampai Februari enggak ada masalah, [tetapi pelaksanaan dimulai] akhir Januari,” ujarnya di Kepatihan, Senin (17/1/2022).

Aji juga merespons adanya PKL Malioboro yang menyampaikan aspirasi ke Pemkot dan DPRD Kota Jogja. Menurutnya hal itu wajar, tentu aspirasi itu akan ditampung. Akan tetapi, soal aspirasi permintaan relokasi mundur, Aji tak yakin dapat dipenuhi.

“Itu kan menyampaikan aspirasi, boleh saja. Nanti aspirasi yang kira-kira bisa kita lakukan, ya kita sesuaikan, dilakukan. [Permintaan relokasi mundur] Mundur satu atau dua hari enggak masalah,” ucapnya.

Baca Juga: Tak Dilibatkan Pemkot, DPRD Kota Jogja Bikin Pansus Relokasi PKL Malioboro

Dari sisi tempat, semua fasilitas sudah siap. Bahkan persiapan telah hampir mendekati 100%. Tinggal mengelola pemindahan dan menentukan siapa dan berlokasi di lapak mana. “Sudah tinggal melaksanakan, fasilitas sudah 100 persen, tinggal siaap di mana,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya