Tutup Iklan

Abaikan Permintaan Warga, Pemkot Solo Ogah Lepas Tanah HP 6 dan HP 105

Abaikan Permintaan Warga, Pemkot Solo Ogah Lepas Tanah HP 6 dan HP 105

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sertifikat tanah. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pemkot Solo memastikan tidak akan melepas tanah HP 6 dan HP 105 yang diminta warga.

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tak menggubris tuntutan warga Kabangan penghuni tanah HP Pemkot Nomor 6 serta HP 105 di wilayah Jebres Tengah. Tuntutan tersebut terkait permintaan sertifikat menjadi berstatus hak milik (HM).

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menilai ada beberapa pertimbangan Pemkot tidak akan menerbitkan sertifikat tanah HM bagi penghuni tanah HP Pemkot baik di Kabangan maupun Jebres Tengah. Pemkot bahkan menilai warga salah sasaran dengan menggugat Pemkot hingga Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah.

“Warga mengklaim dapat palilah Keraton tahun 2015. Padahal palilah sudah tak berlaku sejak terbitnya UU Pokok Agraria 5 Tahun 1960,” katanya.

Dengan kondisi ini, Rudy berharap enam warga Kabangan yang mengajukan banding ke PT Jawa Tengah untuk meminta maaf kepada Pemkot. Pemkot siap beraudiensi dengan keenam warga tersebut setelah mereka meminta maaf. Rudy menepis tudingan ada oknum Pemkot yang mengintimidasi warga untuk mencabut gugatan.

“Tidak ada dari kami [Pemkot] yang mengintimidasi. Kalau mau audiensi silakan ke sini, tapi minta maaf dulu ke Pemkot,” katanya.

Begitu pula dengan permohonan sertifikat tanah bagi warga penghuni tanah HP Pemkot Nomor 105 di Jebres Tengah, Pemkot tak bisa mengabulkannya. Pemkot berkukuh tak akan memberikan sertifikat kepada warga yang menempati tanah Hp tersebut.

Rudy bahkan meminta warga tak menyamakannya dengan rencana Pemkot melepas tanah HP 16 dan menyertifikatkan HM bagi warga Kenteng Semanggi. “Yang di Jebres beda, jangan samakan dengan HP 16," katanya.

Pemkot beralasan warga penghuni tanah HP 105 di Jebres menempati daerah sempadan jalan dan sempadan bangunan. Selain itu tanah tersebut milik Solo Techno Park (STP). Dengan demikian tidak bisa disertifikatkan menjadi HM.

Nantinya, Rudy menambahkan Pemkot akan memberikan ongkos bongkar sesuai dengan peraturan yang ada. Menanggapi aksi unjuk rasa warga setempat, Rudy tak mempermasalahkannya. “Silakan saja demo. Kalau ke sini [Balai Kota Solo] langsung saya temui,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan Pemkot telah menyiapkan berbagai solusi bagi warga penghuni tanah HP Pemkot baik di Kabangan maupun Jebres Tengah. Di Kabangan, Pemkot berencana membangun Taman Cerdas di atas lahan HP Nomor 6.

Namun, pembangunan Taman Cerdas masih terkendala proses hukum lanjutan warga Kabangan yang mengajukan gugatan banding ke PT Jawa Tengah. Sedangkan di Jebres Tengah, tanah HP tersebut akan digunakan sebagai proyek pengembangan STP.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.