SOLOPOS.COM - Ilustrasi rudal MI6 Iran yang bisa membawa hulu ledak nuklir. (telegraph.co.uk)

Iran tetap meluncurkan rudal meskipun Donald Trump mengancamnya.

Solopos.com, JAKARTA — Iran menggelar uji coba lanjutan rudalnya dalam sebuah latihan militer tahunan sehari setelah Presiden AS Donald Trump menerapkan sanksi baru, baik untuk individu maupun perusahaan, akibat uji coba rudal balistik pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Negara tersebut berhasil melakukam uji coba serangkaian rudal darat ke darat serta sistem radar selama latihan di sebuah gurun seluas 35.000 kilometer persegi di wilayah Provinsi Semnan, menurut kantor berita semi resmi, Tasnim. Laporan itu mengutip sumber Amir Ali Hajizadeh, komandan divisi ruang angkasa Islamic Revolutionary Guards Corps sebagimana dikutip Bloomberg, Minggu (5/2/2017).

“Jika musuh sudah tidak bersahabat lagi maka kami akan membidik mereka,” ujar pria berpangkat brigadir jenderal itu tanpa merujuk ke negara tertentu. Akan tetapi setiap ancaman AS terhadap Iran tidak akan ada artinya, ujarnya.

Departemen Keuangan AS Jumat lalu mengeluarkan daftar 13 individu dan 12 kelompok yang dilarang masuk ke AS karena mendukung program nuklir Iran. Mereka juga diduga punya hubungan dengan kelompok teroris atau memberikan dukungan terhadap Islamic Revolutionary Guard Corps yang beraliran keras. Kelompok itu termasuk perusahaan yang berbasis di Taheran, Uni Emirat Arab, Lebanon, dan China.

Sebagai balasan, Iran “akan melakukan tindakan serupa terhadap individu dan perusahaan AS yang berperan mendukung kelompok ekstrimis di kawasan. Begitu juga terhadap mereka yang membantu membantai dan menindas mereka yang tidak berdaya,” menurut keterangan Kemenlu Iran. Naman mereka yang menjadi sasaran akan diumumkan kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya