SOLOPOS.COM - Ozan Guven pemeran Rustem Pasha di Muhtesem Yuzyil (vebidoo.de)

Abad Kejayaan Antv menampilkan salah satu perdana menteri di masa Ottoman yang kontroversial.

Solopos.com, SOLO — Rustem Pasha menjadi tokoh yang kerap muncul di serial Abad Kejayaan Antv season keempat. Ini lantaran karakter yang dimainkan artis Ozan Guven tersebut dikisahkan berhasil menikahi Mihrima di bawah perlindungan Hurrem.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sebagaimana dalam serial Muhtesem Yuzyil atau Abad Kejayaan Antv, dalam sejarah Ottoman, Rustem Pasha tercatat menikah dengan putri Hurrem dan Suleiman, Mihrima.

Pernikahan Rustem dengan Mihrima ini membuat ia disemati sebutan Damat, yang artinya menantu pria. Dalam sejarah, ia kerap ditulis dengan nama lengkap Damat Rustem Pasha.

Katolik
Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Minggu (28/6/2015), Rustem Pasha diperkirakan lahir pada 1500, di Skradin, Croatia.

Tak banyak sejarah yang mengulas tentang masa kecil Rustem Pasha. Namun, ia diketahui lahir sebagai katolik, sebagaimana Hurrem dan Ibrahim Pasha.  Sayang, tidak ada sejarah yang menjelaskan kapan tepatnya Rustem berpindah agama.

Pernikahan Langgeng
Pernikahan Rustem dengan Mihrima terjadi pada 1539, ketika Rustem  diperkirakan berusia 39 tahun, sementara Mihrima berusia 17 tahun.

Di tengah konflik dan permainan intrik politik Ottoman, pernikahan Mihrima dengan Rustem terbilang langgeng, meski kehidupan penikahan mereka tidak harmonis.

Rustem sendiri menikahi Mihrima karena ia menjadi salah satu kaki tangan Hurrem.

Jabatan dan Prestasi
Pernikahan Rustem bersama Mihrima mengantar Rustem ke jabatan grand wazir atau perdana menteri.

Selama menjabat grand wazir, Rustem berhasil memimpin pelbagai peperangan dengan baik. Ia juga sukses menjalin kerja sama dengan Hasburgs.

Kematian Rustem
Rustem Pasha tercatat meninggal pada 1562. Sejauh ini, catatan sejarah tentang Rustem masih minim. Penyebab kematiannya pun tidak disebutkan.

Saat meninggal, Rustem telah menyimpan banyak kekayaan. Ia juga tercatat memiliki sekitar 100 budak.

Ada hal yang cukup kontroversial dalam diri Rustem sebagai grand wazir. Ia tercatat pernah tersangkut dugaan korupsi besar-besaran, namun di sisi lain, Rustem juga aktif dalam kehidupan sosial dengan memberi donasi.

Semasa hidup, Rustem memiliki masjid bernama Rustem Pasha Camii yang berada di Istanbul Turki. Saat ini, masjid tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya