SOLOPOS.COM - Masjid Bali Bey di Kota Siklos, Hungaria (Anadolu Agency)

Abad Kejayaan ANTV merupakan kisah fiksi serial Turki berdasarkan kisah sejarah Kerajaan Ottoman.

Solopos.com, SOLO – Abad Kejayaan ANTV merupakan serial drama mengisahkan kekaisaran Ottoman dengan Raja Suleiman. Salah satu tokoh yang menjadi idola penonton di Indonesia yakni Bali Bey.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemeran Bali Bey (Weheartit.com)

Pemeran Bali Bey (Weheartit.com)

Bali Bey yang diperankan Burak Ozcivit merupakan pengawal Raja Suleiman. Dalam Abad Kejayaan ANTV, Bali Bey dikisahkan sebagai pengawal yang memulai karier di kerajaan Ottoman sebagai penjaga pintu kamar Raja Suleiman.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam catatan sejarah, Bali Bey dikenal sebagai prajurit tangguh. Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber Bali Bey yang mempunyai nama lengkap Malkocoglu Bali Bey hidup pada tahun 1495-1548.

Bali Bey merupakan keturunan keluarga Gazis. Gaziz merupakan kelompok tentara bayaran yang beraksi di perbatasan kerajaan Turki. Mereka hidup dari hasil penjarahan. Pada masa Ottoman, Gazis kemudian bergabung dengan Raja Suleiman dan diberi nama Alkinci.

Pasukan kaveleri ini beranggotakan prajurit-prajurit tangguh yang kerap menjalankan tugas khusus dari raja untuk menjalankan ekspedisi militer. Pasukan Alkinci menjadi pasukan andalan pada masa Ottoman.

Karier Bali Bey memuncak saat dia memenangkan pertempuran Mohacs pada tahun 1526. Pertempuran tersebut merupakan peristiwa sejarah bagi Eropa Tengah. Dalam pertempuran itu pasukan Hungaria dipimpin Raj Lous II.

Pertempuan dimenangkan oleh pasukan Raja Suleiman Agung. Kemenangan ini menyebabkan dominasi Kekaisahan Ottoman meluas, serta menandai berakhirnya Dinasti Jagiellon yang berkuasa di Hungaria dan Bohemia. Selain pertemuan di Hungaria, Bali Bey juga berjaya di pertempuran di Banat dan Slavonia.

Ayah Bali Bey bernama Malkocoglu Yaya Pasha yang pernah menjabat sebagai perdana menteri pada masa Sultan Bayezeid II (1481-1512). Ayah Bali Bey menikah dengan putri Sultan Bayezid II, Bali Bey adalah cucu Sultan Bayezeid II. Sultan Bayezeid II merupakan kakek Raja Suleiman.

Kehidupan pribadi Bali Bey dalam catatan sejarah raja Suleiman I tak banyak terekpos, meski di Abad Kejayaan ANTV Bali Bey digambarkan sebagai sosok pria yang menghargai cinta. Dicintai, Mirima putri Hurrem, Bali Bey tak menerimanya. Dia mengatakan akan hidup dengan wanita yang dicintainya. (Baca: Mirima Ditolak Bali Bey)

Masjid Bali Bey

Sebuah situs perusahaan jasa konsultan Branding di Ankara, Turki, Anadolu Ageny menuliskan peninggalan masjid Bali Bey yang menjadi objek wisata. Masjid Malkocoglu Bali Bey itu berada di sebuah kota di Hungaria bernama Siklos. Masjid ini merupakan peninggalan Ottoman di negara itu yang dibangun pada abad ke-16.

Masjid Malkocoglu Bali Bey merupakan satu dari tiga masjid yang ada di Hungaria. Satu masjid ada di Budapest dan satu lagi di kota Gyor. Masjid ini berfungsi sebagai museum dan tempat beribadah umat Islam di kawasan itu.

Masjid yang dibangun antara tahun 1543 itu telah direkonstruksi oleh pemerintah setempat seperti bentuk aslinya. Pada 1994, pemerintah Turki ikut terlihat dalam rekonstruksi itu. Masjid Bali Bey juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Hungaria.

Manajer Pemasaran, Rumah Budaya Siklos, Selma Zemanis mengungkapan semula reruntuhan masjid ditemukan pada tahun 1969. “Setelah kekaisaran Ottoman meninggalkan Siklos, masjid digunakan untuk menampung tunawisma,” ujarnya.

Setelah direstorasi pada 1993, Masjid Bali Bey meraih penghargaan keajaiban arsitektur terbesar Europa Nostra. “Pemeintah Turki kemudian menyumpangkan karpet, kostum nasional berusia tua, dan cangkir-cangkir kuno,” katanya.

Malkocoglu Bali Bey membangun masjid tersebut pada saat Ottoman menaklukkan Siklos. Saat ini ada puluhan muslim Siklos yang menggunakan masjid itu setiap salat Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya